Jalur Kereta Api Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sarana kota » Jalur Kereta Api Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh » Jalur Kereta Api Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh

Jalur Kereta Api Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh

(1679 Views) Juni 21, 2017 1:57 am | Published by | No comment



Pada malam Penganugerahan Bujang jo gadih 2017, Walikota Bukittinggi terpilih H.M.Ramlan Nurmatias, m
menyampaikan pidato. Ada beberapa topik di dalam pidato tersebut antara lain ; tentang promosi wisata Bukittingi melalui media sosial dan peran duta wisata Bukittinggi dan jalur kereta api Padang-Padang Panjang-Bukitinggi-Payakumbuh yang akan dihidupkan kembali.

stasiun kereta api bukittinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

Wacana menghidupkan jalur kereta api Padang-Bukittinggi sudah berlangsung beberapa tahun terakhir di media cetak dan online, lokal. Ini tentu kabar yang mengembirakan, karena beberapa tahun terakhir, pada hari libur dan hari Senin, waktu tempuh dari Bukittinggi-Padang bisa mencapai 4-5 jam. Saya dan keluarga memutuskan untuk menghindari hari Senin untuk pulang ke Bukittinggi atau balik ke Jakarta, karena tiap Senin, ada pasar di Koto Baru dan macet. Walau, pasar hanya berlangsung sampai pukul 13:00 WIB, tapi kami memutuskan pergi- pulang ke Jakarta, selain hari Senin.

Walikota mengatakan bahwa ia sudah bertemu dengan ibu Rini Soemarno (Menteri BUMN) dan mengatakan bahwa sebaiknya jalur kereta api di Bukittinggi menggunakan jalur layang (tidak di atas tanah) dengan alasan kepadatan kendaraan dan kontur kota Bukittinggi yang berbukit. Ide bagus, akan tetapi, apakah ekonomis?




Saya dan sepupu, lulusan Planologi, ITB, sempat mendiskusikan hal ini setelah acara Bujang jo Gadih. Secara ekonomis perlu dipelajari lebih lanjut, karena traffic kendaraan dan orang yang menuju atau berada di Bukittinggi sangat tinggi hanya pada saat libur. Sedangkan, pada hari biasa (hari kerja), traffic kendaraan dan orang di Bukittinggi rendah.

Selain itu, siapa yang akan menggunakan moda transportasi kereta api? Bagi komuter Padang-Bukittinggi, ini tentu alternatif yang sangat menarik, tapi bagi wisatawan yang menghabiskan waktu 2-3 hari dan ingin mengunjungi beberapa objek wisata di Sumatera Barat, tentu memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Apapun keputusan pemerintah pusat (apakah jalur kereta api di atas tanah atau layang?) Ide mengidupkan moda transportasi kereta api yang menghubungkan Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh diharapkan segera terwujud, untuk memberikan alternatif angkutan massal bagi warga yang berada di kota yang dilalui. Selain itu, diharapkan perekonomian antar kota berjalan lebih baik.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jalur Kereta Api Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>