Wisata Kuliner : 10 Rumah Makan di Bukittinggi (1) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » wisata kuliner rumah makan (1) » Wisata Kuliner : 10 Rumah Makan di Bukittinggi (1)

Wisata Kuliner : 10 Rumah Makan di Bukittinggi (1)

(1605 Views) Desember 24, 2014 1:54 pm | Published by | No comment



Di Bukittinggi, banyak makanan tradisional yang patut dicoba.

1. Nasi Kapau terdapat di Los Lambuang, di ujung pasar lereng, ada beberapa penjual nasi kapau berjualan di sana.

2. Ayam Pop (Resep Ayam Pop Khas Bukittinggi) Restoran Family (Ayam Pop Restoran Family Benteng) di benteng dan di Jl. Sudirman.

3. Martabak si Kaka. Martabak telur legendaris yang sudah ada sejak tahun 1920-an, interior rumah makan masih sama seperti dulu.

4. Pical Sikai di Panorama, hampir sama dengan pecel, sayur rebus disiram bumbu kacang.

picai sikai Bukittinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Cindua langkok, terdapat di Los Lambuang, di ujung pasar lereng. Cindua langkok berupa, cendol, gula merah, santan, ampiang (beras ketan ditipiskan), kelapa parut.

6. Ampiang dadiah (Dadiah, Fermentasi Susu Kerbau Khas Bukittinggi), dapat ditemukan di restauran soto H. Minah di pasar atas bagian belakang. Ampiang dadiah, campuran ampiang (beras ketan ditipiskan) dan dadiah (susu fermentasi, seperti yoghurt tapi kental), ditambah gula merah.

7. Teh talua bisa diperoleh di warung H. Zen (di pasar atas, dari restoran Simpang Raya lurus, deretan toko). Teh talua, kuning telur dikocok dengan gula, diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis, setelah cukup dituang teh panas.

8. Pisang bakar bisa diperoleh di warung H. Zen (di pasar atas, dari restoran Simpang Raya lurus, deretan toko). Pisang raja dibakar (2 pisang) diberi santan dan cracker (orang Bukittinggi, menyebut roti gabin)

9. Lontong sayur (Bubua Samba) banyak pilihan di pasar ateh ngarai, selalu ada tiap hari, ada warung ayang, ni da, dan beberapa yang lain. Lontong sayur, lontong dengan gulai sayur, sayur buncis, sayur pakis, dan sayur nangka. Di warung H.Zen pasar atas, juga ada, hanya pagi, jika pelanggan ramai pukul 9:00 WIB sudah habis, warung buka pukul 7:30 WIB. Di warung H.Zen, gulai sayur dengan kentang, ditambah kerupuk balado.

10. Bubur kampiun, ada di warung ayang, bubur kampiun adalah campuran bubur sumsum, kolak pisang, dan bubur candil

Restoran/warung yang tertera di artikel ini, berdasarkan pengalaman saya menjadi pelanggannya. Ada beberapa rumah makan lain yang juga menyediakan jenis makanan serupa, tapi saya belum coba. Silakan coba rumah makan lain, selain rumah makan yang tertulis di artikel ini.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Wisata Kuliner : 10 Rumah Makan di Bukittinggi (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>