Wisata Ke Nagari Koto Gadang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Wisata Ke Nagari Koto Gadang » Wisata Ke Nagari Koto Gadang

Wisata Ke Nagari Koto Gadang

(663 Views) Maret 26, 2018 12:23 am | Published by | No comment


Salah satu nagari yang cukup dikenal karena kaum cerdik pandainya, nagari Koto Gadang. Nagari Koto Gadang terletak di Kabupaten Agam, kira-kira 30 menit dari Bukittinggi dengan menggunakan kendaraan. Walau wisatawan selalu memilih Bukittinggi menjadi tujuan wisata, tapi Koto Gadang mempunyai daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan yang menyukai arsitektur dan suasana pedesaan.

Dari Bukittinggi menuju Koto Gadang dapat dilalui dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Jalur Great Wall (jalur dari Panorama-Koto Gadang), dapat dilalui dengan berjalan kaki dengan pemandangan ngarai sianok. Waktu tempuh berjalan kaki melalui jalur ini kira-kira 1 jam. Waktu tempuh dari Bukittinggi-Koto Gadang dengan kendaraan kira-kira 30 menit. Jalur perjalanan dapat melalui Ngarai Sianok atau melalui parabek-Koto Tuo.

Nagari Koto Gadang mempunyai topografi yang datar, sehingga dapat dikelilingi dengan bersepeda atau jalan kaki. Selain menikmati beragam bentuk arsitektur rumah, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan alam desa, Gunung Merapi dan hamparan sawah, dan kerajinan sulam dan perak.




koto gadang di depan amai setia.

Bagi yang suka kerajinan perak dan sulaman, terdapat pusat kerajinan Amai Setia di pinggir jalan dari Bukittinggi ke Koto Gadang, lewat ngarai sianok. Pusat kerajinan ini buka pukul 10:00 WIB. Pusat kerajinan ini merupakan pusat pendidikan bagi kaum wanita pada masa dulu.

Tiap hari Selasa dan Jumat ada pasar mingguan. Tidak besar. Setiap nagari mempunyai hari Pasar masing-masing, seperti Bukittinggi yang mempunyai hari pasar, Rabu dan Sabtu.

Arsitektur rumah terdiri dari berbagai tipe, ada arsitektur rumah gadang, rumah kayu, dan rumah batu. Arsitektur rumah di dominasi rumah kayu, sedangkan rumah gadang dan rumah batu tidak terlalu banyak. Pola pemukiman rumah membentuk cluster, dalam satu area terdapat 8-10 rumah dan ruang bersama di bagian depannya.
Masjid utama di Koto Gadang terletak di bagian depan, di jalan utama dan di depan sawah. Di belakang mesjid terhampar sawah, tidak ada lagi pemukiman penduduk.

Wisata ke Nagari Koto Gadang masih dilakukan oleh individu atau kelompok kecil. Belum ada program wisata khusus yang dilakukan di nagari ini.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Wisata Ke Nagari Koto Gadang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>