Tour de Singkarak, Start dari Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » tour de singkarak » Tour de Singkarak, Start dari Bukittinggi

Tour de Singkarak, Start dari Bukittinggi

(808 Views) Januari 25, 2015 7:13 pm | Published by | No comment



Tahun 2013, Bukittinggi menjadi titik start Tour de Singkarak, lomba sepeda yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Lomba ini merupakan event nasional yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sejak tahun 2009, bekerjasama dengan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat dan melibatkan pemerintah daerah kota/kabupaten yang dilalui peserta lomba. Biaya penyelenggaraan kegiatan ini dari pemerintah pusat dan APBD provinsi, kabupaten/kota. Setiap daerah yang dilalui pesepeda, mengenalkan daerah masing-masing melalui seni budaya dan keindahan alam, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan manca negara ke daerah tersebut.

Plaza jam gadang

 

 

 

 

 

 

 

 

Tour de Singkarak merupakan event promosi pariwisata terbaik, terjadi peningkatan yang signifikan, kedatangan wisatawan manca negara ke Sumatera Barat. Pada tahun 2011, jumlah wisatawan yang mengunjungi Sumatera Barat naik 13,2 %, dibanding tahun 2010. Pada saat itu, kenaikan wisatawan mancanegara ke Indonesia 8.9 %

Setiap tahun jumlah daerah yang terlibat dalam Tour de Singkarak terus bertambah. Tahun 2013, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, dan Pasaman Barat, ikut menjadi bagian dari daerah yang dilalui pesepeda International. Ini berarti, tahun 2013, pesepeda melalui 17 daerah di Provisinsi Sumatera Barat dengan berbagai keunikan alam dan budaya masing-masing.




jalur tour the singkarak

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahun 2009, 2010, dan 2011, kota Padang menjadi titik start perlombaan, dan titik finish berakhir di Danau Singkarak. Tahun 2012, titik start di kota Sawahlunto, 2-9 Juni 2013, titik start di kota Bukittinggi. Peserta balap sepeda berasal dari Iran, Jepang, Australia, Cina, dan Malaysia, Belgia, dan negara-negara lain, 23 negara. Mereka berkumpul dan start di depan jam gadang. Lomba ini merupakan satu salah satu kejuaraan balap sepeda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional di kelas 2.2 Asia Tour.

Pemerintah Kota dan warga Bukittinggi sangat antusias menyambut kedatangan peserta lomba. Setiap hotel berpartisipasi dan mengibarkan umbul-umbul, terutama di jalur jalan yang dilalui pesepeda international ini. Sarana dan prasarana yang mendukung, seperti hotel dan jalur jalan, serta keindahan alam menjadikan Kota Bukittinggi terpilih dari 17 kota/kabupaten menjadi titik start untuk tahun 2013.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Tour de Singkarak, Start dari Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>