Tip Makan Sendiri dan Rombongan Di Rumah Makan Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Rumah Makan Padang » Tip Makan Sendiri dan Rombongan Di Rumah Makan Minang

Tip Makan Sendiri dan Rombongan Di Rumah Makan Minang

(34 Views) Juli 27, 2022 4:44 am | Published by | No comment

Cara penyajian di rumah makan Minang ada dua : pertama, semua lauk pauk disajikan di dalam dalam piring kecil. Lauk yang berupa potongan diletakkan sebanyak 2 potong, sedangkan lauk yang berkuah dan tidak dalam potongan diletakkan dalam satu piring kecil.

Lauk yang diletakkan dalam jumlah 2 potong antara lain : ayam goreng, dendeng balado, ayam gulai, gulai tunjang, gulai ikan dan lain-lain, jenis masakan yang dapat dipotong dan dihargai dalam bentuk potongan. Sedangkan, gulai cincang, gulai singkong, sambalado hijau, gulai nangka, sambalado cangkuak dan rebusan sayur, goreng hati ampela dan leher ayam balado, sup daging, disajikan dalam satu piring kecil, dihitung 1 porsi.

Jadi walaupun, hanya diambil sedikit atau habis, harganya sama, dihitung 1 porsi. Jika kita makan berdua atau bertiga, biasa penyaji rumah makan Minang akan meletakkan semua masakan di atas meja. Menyediakan nasi di dalam piring, sesuai dengan jumlah pelangan yang duduk.

Jika pelanggan yang datang 3 orang, ia akan meletakkan nasi di dalam piring sebanyak 3 piring. Jika yang makan hanya 2 orang, pelanggan dapat mengatakan pada penyaji, “yang makan 2 orang”, mereka akan menyediakan 2 piring nasi. Bagaimana jika sendiri? Ada dua alternative. Pertama, pelanggan minta nasi dan lauk-pauk yang diinginkan, jika lauk dalam bentuk potongan akan diletakkan di dalam piring nasi, jika berkuah akan disajikan terpisah, di dalam piring kecil. Jika ingin tambah sambalado hijau, sayur ketimun, daun singkong, atau kuah, bisa, gratis, selain itu harus membayar harga lauk per-porsi. Kedua, pelanggan akan disajikan semua jenis masakan di atas meja dan dapat memilih masakan yang disukai.

Dari kedua alternative itu, kita akan membayar lebih murah jika lauk langsung diletakkan di dalam piring nasi dan mendapatkan sedikit sambalado hijau, sayur ketimun, dan kuah dengan membayar lebih sedikit. Ini disebut nasi sayur. Harga nasi sayur Rp. 11.000, harga nasi 8.000. Jika semua menu disajikan, maka akan dihitung per-porsi.

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Tip Makan Sendiri dan Rombongan Di Rumah Makan Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>