Taruko dan Rumah Pohon Abdul Tujuan Wisata Baru di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » opini » Taruko dan Rumah Pohon Abdul Tujuan Wisata Baru di Bukittinggi » Taruko dan Rumah Pohon Abdul Tujuan Wisata Baru di Bukittinggi

Taruko dan Rumah Pohon Abdul Tujuan Wisata Baru di Bukittinggi

(1673 Views) September 27, 2017 8:42 am | Published by | No comment



Di Bukittinggi ada 2 obejek wisata baru yang dikelola oleh swasta, Taruko dan Rumah Pohon Abdul. Mereka mendirikan restoran di ngarai sianok, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan ngarai sianok sambil makan dan istirahat. Konsep ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bukittinggi, bagi wisatawan yang ingin istirahat dan menikmati pemandangan.

Taruko mempunyai lahan yang luas, ada bangunan restoran dan menara pandang yang terbuat dari kayu, terletak di pinggir sungai. Lokasi ini dapat menampung wisatawan dalam jumlah banyak, walau akses jalan menuju taruko tidak dapat dilalui bus besar.

taruko ngarai sianok.

Rumah pohon abdul merupakan restoran yang terletak di atas pohon. Ada dua pohon yang digunakan untuk tempat makan. Pengunjung makan sambil menikmati pemandangan ngarai sianok. Sebelum menaiki dek di atas pohon, pegawai restoran akan memberitahu bahwa setiap orang dikenai biaya Rp. 15.000 untuk 2 jam (mei 2017). Walau membayar hanya untuk duduk di dek di atas pohon, tapi pengunjung yang datang ke rumah pohon abdul ramai. Menurut sepupu yang sudah 4 kali mengunjugi rumah pohon, sebelumnya hanya membayar Rp. 10.000 dan tidak ada batas waktu. Area rumah pohon Abdul tidak terlalu besar dan jumlah pengunjung yang dapat ditampung di area ini terbatas (termasuk jumlah parkir yang tidak banyak).




Konsep restoran sambil menikmati pemandangan ngarai sianok mempunyai pangsa pasar wisatawan tersendiri, terutama wisatawan yang bermukim di perkotaan. Kakak sepupu yang mengelola hotel di Bukittingggi, mengajak tamunya ke taruko atau ke rumah pohon abdul. Mereka mencari suasana untuk relaks, istirahat, dan sekedar ngobrol dengan pemandangan ngarai sianok. Konsep ini merupakan alternative tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Bukittinggi.

rumah pohon abdul ngarai sianok.

Objek wisata yang dikelola pemerintah kota, merupakan objek wisata yang bersifat umum, sedangkan sebagian wisatawan membutuhkan tempat (objek wisata) yang bersifat pribadi, walau harus membayar lebih mahal. Objek wisata yang seperti ini dapat dikembangkan oleh pihak swasta dengan mengusung ide-ide kreatif, sehingga diminati pengunjung.

Safitri
Arsitek lansekap (Landscape Architect) dan Perencana Kota (Urban Planner)



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Taruko dan Rumah Pohon Abdul Tujuan Wisata Baru di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>