Tarif Harga Makanan di Rumah Makan dan Restoran di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » Tarif Harga Makanan » Tarif Harga Makanan di Rumah Makan dan Restoran di Bukittinggi

Tarif Harga Makanan di Rumah Makan dan Restoran di Bukittinggi

(4633 Views) Juli 18, 2016 9:24 am | Published by | No comment



Saat ini, di setiap restoran dan rumah makan, termasuk di los lambuang, tempat penjualan nasi kapau, terdapat tarif setiap jenis makanan yang dijual, sehingga pembeli dapat menghitung sendiri harga makanan yang mereka makan.

Beberapa kali saya mendengar keluhan terhadap tarif makanan yang tidak “jelas” dari teman dan saudara. Salah seorang paman bercerita, ia makan nasi kapau di los lambuang dengan jenis makanan yang sama, berbeda hari, berbeda harga sebesar Rp. 5.000.

Akhirnya, masalah ini masuk ranah media sosial. Seorang netizen memotret bukti harga makanan yang perlu dibayar dan menganggap harga makanan terlalu mahal dan menyebarkan di facebook. Pihak rumah makan memberikan pernyataan bahwa harga makanan yang dibayar merupakan harga standar untuk Bukittinggi.




Keluhan ini terjadi, karena tidak ada tarif harga makanan yang tertera di rumah makan atau restoran, sehingga pembeli tidak dapat memperkirakan berapa harga makanan yang telah mereka makan. Jika terdapat tarif harga, sebelum memesan makanan, mereka sudah memperkirakan berapa harga makanan yang perlu dibayar.

daftar harga makanan dan minuman
Pemerintah Kota Bukittinggi segera merespon keluhan netizen itu dan segera memberikan solusi terhadap masalah harga makanan di Bukittinggi. Pemerintah meminta semua rumah makan dan restoran untuk mencantumkan harga setiap jenis makanan yang dijual. Ini memberikan dampak yang besar, wisatawan mendapatkan kepastian harga makanan sehingga tidak ada lagi keluhan terhadap “ketidakjelasan” harga makanan.

Secara keseluruhan, harga makanan di Bukittinggi ada yang sama atau lebih mahal sedikit dibanding di Jakarta, misal gulai itiak lado mudo, di Bukittinggi Rp. 30.000, di Jakarta Rp. 25.000. Di Bukittinggi, nasi kapau dengan satu jenis lauk Rp. 25.000, di Jakarta 22.000. Dibandingkan dengan Pekanbaru, harga makanan di Bukittinggi juga lebih mahal. Perbedaan harga yang lebih mahal sedikit, sudah diantisipasi oleh wisatawan, yang penting jelas harga setiap jenis makanan.

Bukittinggi memiliki ragam kuliner yang bervariasi, semua wisatawan atau pemudik pasti berkunjung ke rumah makan atau restoran yang menyajikan makanan khas Bukittinggi, seperti nasi kapau dan pecel sikai. Walaupun terdapat makanan lain, seperti Pizza hut, Kentucky Friend Chicken, dan Texas Friend Chicken, tapi makanan khas Bukittinggi selalu laku dan laris.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Tarif Harga Makanan di Rumah Makan dan Restoran di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>