Sulaman Kapalo Samek dan Garis pada Mukena (4) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sulaman » kapalo samek » Sulaman Kapalo Samek dan Garis pada Mukena (4) » Sulaman Kapalo Samek dan Garis pada Mukena (4)

Sulaman Kapalo Samek dan Garis pada Mukena (4)

(1448 Views) Februari 15, 2017 3:18 am | Published by | No comment



Kreativitas perancangan mukena tidak hanya jahit bordir di bagian bawah dan di bagian punggung, tapi bordir dipadukan dengan berbagai sulaman, misal bordir dengan sulam bayang, bordir dengan sulam suji, dan bordir dengan sulama kapalo samek.

Sulaman kapalo samek dan motif garis pada mukena. Motif sulaman pada mukena terletak di bagian depan dan belakang. Area motif pada kain sangat luas, sehingga untuk mengisi ruang pada kain. Motif sulaman didominasi sulur-sulur batang dan daun. Pada beberapa titik terdapat bunga berwarna oranye. Warna oranye yang terang menjadi aksen pada motif sulaman kapalo samek pada mukena.

Sulur-sulur batang berwarna gradasi hijau dan kuning, menggunakan sulaman garis, sedangkan bunga dan titik-titik daun menggunakan sulaman kapalo samek. Sulaman garis pada sulur-sulur batang memberikan kesan fleksibel dan lentur. Sedangkan sulaman kapalo samek lebih kaku dan jelas. Kombinasi antara sulaman kapalo samek dan sulaman garis, membuat motif sulaman pada mukena lebih menarik.




sulaman kapalo samek dan bordir untu mukena di bagian depan.

 

Sulaman kapalo samek pada mukena bagian muka, simetris kanan dan kiri. Jahit bordir terletak di bagian bawah, dengan benang warna hijau, disesuaikan dengan benang pada sulaman. Ketebalan bordir kira-kira 10 cm.  Bunga berwarna oranye ada 6 di bagian depan. Bunga sulaman menyatu dengan jahit bordir yang ada di bagian bawah. Di bagian bawah pola motif sulaman kapalo samek melebar, bunga oranye terletak di bagian bawah (tidak di tengah, satu garis dengan dua bunga yang lain).

 

 

 

 

sulaman mukena kapalo samek-bagian belakang-bunga orange daun hijau tua dan muda,

 

Sulaman mukena kapalo samek bagian belakang (punggung) dan bagian depan (dada) sama. Pada gambar dapat dilihat detil sulaman. Ada tiga warna benang, oranye (untuk bunga), warna hijau (untuk sulur dan daun), dan warna kuning pada bagian ujung sulur. Motif berpusat pada bunga oranye, kemudian sulur mengarah ke kanan atau ke kiri.

 

 

 

 

 

sulaman kapalo samek untuk mukena-bagian belakang-bunga orange daun hijau tua dan muda pola menyebar

 

Detil motif satu modul yang terdiri dari satu bunga oranye besar dan sulur berwarna hijau. Pada ujung sulur terdapat titik-titik benang warna oranye. Warna kuning muda pada ujung sulur terlihat membayang di atas kain berwarna putih.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Kapalo Samek dan Garis pada Mukena (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>