Sambalado Uwok, Sambalado Merah, Sambalado Hijau, Sambalado Tanak : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Sambalado Uwok Sambalado Merah Sambalado Hijau Sambalado Tanak » Sambalado Uwok, Sambalado Merah, Sambalado Hijau, Sambalado Tanak

Sambalado Uwok, Sambalado Merah, Sambalado Hijau, Sambalado Tanak

(2064 Views) Februari 24, 2017 1:19 pm | Published by | No comment




Sambel (sambalado) khas Minang bermacam-macam, tapi yang terkenal sambalado merah dan sambalado hijau. Banyak jenis sambel (sambalado) tidak dijual di restoran/rumah makan Padang, sehingga banyak yang tidak mengetahui jenis sambel/sambalado khas Padang. Sambalado hanya dibuat untuk masakan rumah, misal sambalado tanak, sambalado cangkuak, sambalado tulang.

Saya mengetahui berbagai macam jenis sambalado, selain sambalado cabe merah dan sambalado hijau, karena mama beberapa kali memasak sambalado cangkuak dan sambalado uwok. Beberapa kali pernah makan sambalado tanak dan sambalado tulang. Pernah saudara sepupu di grup BBM bercerita bahwa ia suka sekali sambalado maco pado. Saya belum pernah mencoba sambalado maco pado, pada saat liburan ke Bukittinggi, saya meminta etek untuk membuatnya.

Kenapa hanya sambalado merah (Sambel yang terbuat dari cabe merah) dan sambalado hijau (Sambel yang terbuat dari cabe hijau) tersedia di Restoran/rumah makan Padang? Bahan baku Sambalado merah dan hijau, mudah ditemukan (cabe merah, cabe hijau, bawang merah), tahan lama, mudah dalam pembuatannya, dan disukai oleh banyak orang.




sambel sambalado cabe merah dan cabe hijau.

Beberapa jenis sambalado tidak bertahan lama, cepat basi, misal sambalado uwok, karena menggunakan bahan baku tomat. Sedangkan, sambalado maco pado, bahan baku maco pado, tidak selalu tersedia. Saya menemukan maco pado di pasar bawah Bukittinggi, dijual oleh penjual ikan kering, tidak semua penjual ikan kering menyediakan maco pado.

Sambalodo cangkuak, membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama, karena menggunakan teri yang dibelah dua. Sedangkan, sambalado tanak menggunakan cabe merah dan tetelan sapi, sehingga rasa cabe bercampur dengan gurih potongan daging.

Cara memasak sambel tidak sama. Sambalado uwok, sambel yang dimasak dengan cara dikukus di atas nasi, sehingga nasi, sambel, sayur (terung dan pucuk daun ubi -pendamping sambel-) matang secara bersamaan. Sambalado hijau, cabe hijau digiling, kemudian disiram dengan minyak panas. Sedangkan sambalado tanak, dimasak dengan api kecil, sehingga semua bahan menyatu.

Jika ingin mencoba sambalado cangkuak dan sambalado tanak dapat ditemukan di rumah makan Padang, Food Court, Thamrin City. Saya menemukan sambalado cangkuak, di rumah makan payakumbuah. Sedangkan sambalado tanak di rumah makan Balingka. Kedua rumah makan itu, terletak bersebelahan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sambalado Uwok, Sambalado Merah, Sambalado Hijau, Sambalado Tanak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>