Rumah Gadang Bodi Chaniago : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » arsitektur » rumah gadang » Rumah Gadang Bodi Chaniago » Rumah Gadang Bodi Chaniago

Rumah Gadang Bodi Chaniago

(1009 Views) Februari 3, 2018 12:21 am | Published by | No comment



Ada dua keselarasan (dasar pemerintahan menurut adat) di Minang yaitu ; Body chaniago dan Koto piliang. Tokoh dua keselarasan ini adalah Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih nan sabatang.
Kelarasan body chaniago menganut sistem demokratis. Penghulu /datuak (kepala suku) sederajat, duduk sama rendah (duduak samo randah), berdiri sama tinggi (tagak samo tinggi) mengutamakan sistem musyawarah dalam menyelesaikan masalah nagari. Sedangkan, kelarasan koto piliang lebih autokraktis. Kedudukan penghulu bertingkat yang disebut bajanjang naiak (berjenjang naik) dan batanggo turun (bertangga turun).

Konsep ini diterapkan dalam merancang rumah gadang. Saya menemukan foto rumah gadang keselarasan Body Chaniago di Museum Bustanul Arifin (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang). Foto lama dan tidak ada keterangan lokasi rumah gadang berada.




Rumah gadang ini tidak mempunyai anjuang (bagian yang dinaikkan di kanan dan kiri rumah gadang). Semua area di rumah gadang, sama tinggi, tidak ada area yang lebih tinggi dibanding yang lain. Ada 4 atap bagonjong. Tangga langsung menuju rumah, tidak ada teras (area istirahat sebelum masuk rumah). Di bagian depan terdapat 1 pintu masuk di bagian tengah, dan 4 jendela. Di bagian samping terdapat 4 jendela yang bagian atasnya melengkung. Semua dinding rumah bagian depan dipenuhi ukiran. Jenis ukiran pada dinding bagian depan berbeda dengan jenis ukiran rumah gadang Koto Piliang. Walau foto hitam putih, tapi terkesan ukiran berwarna-warni.

Museum dengan rancangan rumah gadang di Sumatera Barat mempunyai anjuang di bagian kiri-kanan bangunan. Ini berarti museum tersebut menganut faham keselarasan Koto piliang antara lain ; Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang, Museum Adityawarman, Museum Istano Basa, Istana Si Linduang Bulan, dan Museum Rumah Gadang Baanjuang di Kebun Binatang Bukittinggi.

Rumah gadang keselarasan Koto piliang mempuyai anjuang (bagian yang ditinggikan di bagian kanan-kiri) bangunan. Area ini menjadi tempat penghulu (pemimpin suku) duduk di dalam rumah gadang. Pada saat pernikahan, area ini menjadi tempat penganten duduk.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Rumah Gadang Bodi Chaniago

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>