Resep Pisang Kapik (Pisang Gapit) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan minang » Resep Pisang Kapik (Pisang Gapit)

Resep Pisang Kapik (Pisang Gapit)

(13 Views) Juli 9, 2022 12:42 pm | Published by | No comment

Pisang Kapik harus menggunakan pisang kepok atau dalam bahasa Minang, pisang tanbatu. Pisang ini agak keras tidak terlalu lembek. Akan tetapi, ada sebagian pisang yang tidak masak sempurna, ada sisi yang keras ada sisi yang lunak. Secara kasat mata, pisang kepok yang masak sempurna bentuknya terlihat lebih bagus.

Bahan pisang :

1 sisir pisang kepok

1 lembar daun pisang

Bahan Kelapa parut dan gula merah (inti atau unti) :

1 butir kelapa parut dari kelapa yang muda, ambil bagian putihnya saja

200 gr gula aren (saka)

300 ml air

Garam secukupnya

Cara membuat pisang pipih:

Kupas pisang kepok, biarkan utuh, panggang sampai coklat. Hindari jangan sampai gosong (hangus). Pipihkan pisang dengan 2 buah talenan kayu . Letakkan daun pisang di atas talenan pertama. Kemudian letakkan pisang yang telah dibakar diatasnya. Tutup lagi dengan daun pisang, dan timpa dengan talenan kedua. Pipihkan secukupnya, jangan sampai pisang terlalu tipis dan hancur. Pindahkan pisang yang sudah dipipihkan ke piring saji.

Cara Membuat Inti/Unti :

Rebus gula aren (saka) dan air hingga gula larut. Angkat dan saring. Tambahkan kelapa parut dan garam, masak hingga mengering. Cara Penyajian : Taburkan inti (unti) di atas pisang kapik. Makan setelah panas pisang dan inti (unti) hilang.

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

Tags:
Categorised in:

No comment for Resep Pisang Kapik (Pisang Gapit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>