Resep Kue Lupis Khas Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan minang » Resep Kue Lupis Khas Minang

Resep Kue Lupis Khas Minang

(7 Views) Juli 16, 2022 10:35 am | Published by | No comment

Lupis merupakan cemilan rumahan, tidak banyak penjual menjual lupis, karena cepat basi. Saya menemukan penjual lupis di los lambuang Bukittinggi, di tempat penjual cindua langkok. Satu porsi, sebanyak 3 lupis berharga Rp. 5.000. Ukuran lupis berbentuk segitiga itu tidak besar, kira-kira 6 cm dengan tebal 1cm. Lupis disajikan dengan gula merah cair (saka bukik) dan parutan kelapa.

Selain di los lambuang, ada penjual lupis di pasar ateh ngarai, pasar yang hanya buka hari Rabu dan Sabtu pukul 6:00 -10:00 WIB. Lupis dijual satuan. Lupis dijual oleh penjual kue mangkuak, bubua samba Sianok, lapek jagung, dan lapek pisang. Penjual akan memisahkan antara lupis (ketan) dan gula merah cair untuk dibawa pulang, jika disatukan gula merah akan menyerap ke dalam lupis.

Cara membuat lupis

Bahan

250 gr beras ketan putih.

1/2 butir kelapa diparut kasar (agar tahan lama, parutan kelapa dapat dikukus).

1 potong gula merah (dapat menggunakan saka bukik), dicairkan dengan sedikit air.

Daun pisang dipotong dengan ukuran lebar 12 cm dan panjang 25 cm.

Sebelum dipotong-potong, daun pisang dipanaskan di atas kompor, agar layu. Setelah itu dibersihkan dengan cara dilap dengan kain kering, kemudian dipotong-potong.

Cara membuat

Rendam beras ketan di dalam air dingin selama 8 jam. Masukkan beras ketan ke dalam daun pisang berbentuk segitiga (daun pisang dilipat segitiga). Semat dengan lidi. Susun di atas dandang dengan rapi. Kukus sampai matang (kira-kira 30 menit). Dinginkan.

seporsi lupis-los lambuang
seporsi lupis-los lambuang

Cara Penyajian

Pada saat akan disajikan, lepaskan lupis dari daun pisang, letakkan di piring kecil, tambahkan cairan gula merah dan parutan kelapa sesuai selera.

Catatan

Hindari merendam beras ketan di dalam air panas. Jika tidak habis, letakkan lupis yang masih terbungkus daun pisang ke dalam kulkas. Jika akan disajikan, kukus lupis kira-kira 5-10 menit. Jika membuat lupis dalam jumlah banyak dan tidak habis dalam satu kali makan, kukus sebagian lupis setengah matang, dinginkan, masukkan ke dalam kulkas. Jika akan dimakan, keluarkan lupis dari kulkas, diamkan beberapa saat, kukus lagi sampai matang.

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Resep Kue Lupis Khas Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>