Rendang Beda Rasa Beda Cara Memasak : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Rendang Beda Rasa Beda Cara Memasak » Rendang Beda Rasa Beda Cara Memasak

Rendang Beda Rasa Beda Cara Memasak

(1916 Views) April 21, 2016 4:16 am | Published by | No comment



Rendang daging yang dimasak oleh keluarga A akan berbeda rasa dengan keluarga B, kedua keluarga itu masing-masing mempunyai rasa rendang yang khas. Rasa rendang rumah makan yang satu akan berbeda secara signifikan dengan rendang rumah makan yang lain; rumah makan Simpang Raya, berwarna hitam, basah, berkilat, daging empuk, bumbu dan santan terasa. Rumah makan Selamat, rendang berwarna coklat tua, agak kering, daging daging luna. Rumah makan Elektro di pasar atas ngarai, khas rendah rumahan, coklat tua, agak kering, dan keras (keras tidak berarti alot, tapi padat, dan bumbu terasa)

rendang daging

 

 

 

 

 

 

 

 

Kenapa rendang bisa berbeda rasa dan bentuk? Karena jenis bumbu dan jumlah, cara memasak, dan lama memasak. Berbeda dengan gulai, rasa gulai satu dengan yang lain tidak terlalu berbeda. Pengemar rendang dapat mengetahui mana rendang yang enak dan tidak.

Rendang yang enak, dari sisi daging. Daging tidak boleh alot. Daging bisa lunak atau padat. Daging rendang yang padat rasa bumbu lebih terasa, dan mudah digigit. Bumbu rendang bisa berminyak atau agak kering, tapi rasa bumbu harus kuat, ada sedikit pedas.

Rendang yang dibuat di Jakarta akan berbeda dengan rendang yang dibuat di Payakumbuh dan di Bukittingi (Sumbar) karena kelapa berbeda. Rendang yang dibuat dengan menggunakan kelapa di Jakarta, warna rendang tidak akan pernah bisa berwarna hitam, hanya coklat tua dan agak kering. Sedangkan, rendang yang dibuat di Payakumbuh atau Bukittinggi, bisa berwarna hitam, basah, dan berminyak, karena menggunakan kelapa dari Padang, Lubuk Basung, dan sekitar. (Tip dan Trik Membuat dan Memanaskan Rendang).




Mama saya memasak rendang dengan cara melumuri daging sapi mentah yang telah dipotong-potong dengan bumbu rendang (cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan lain-lain. Bumbu daun-daun (daun sereh, daun kunyit, dan lain-lain diiris tidak ditumbuk). Bumbu tersebut dibiarkan meresap selama 30-60 menit. Setelah itu, masak santan sampai mendidih, masukkan daging. Sedangkan, sepupu memasukkan semua bumbu yang telah digiling, daging, dan santan sekaligus. Jenis daging yang digunakan, sebagian ada yang hanya menggunakan daging lemusir (biasa disebut daging rendang), sengkel, dan has dalam.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Rendang Beda Rasa Beda Cara Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>