Rahasia Memasak Rendang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Rahasia Memasak Rendang

Rahasia Memasak Rendang

(1046 Views) Oktober 17, 2018 12:33 am | Published by | No comment



Memasak rendang tidak ada yang gagal, pasti berhasil, karena cara memasak yang mudah, yaitu : masukan semua bumbu, santan, dan daging sapi ke dalam kuali, aduk-aduk sampai menjadi rendang. Tapi kenapa ada rendang yang punya cita rasa enak, daging empuk, dan bumbu terasa ke dalam daging. Atau sebaliknya daging terasa kaku pada saat digigit, bumbu tidak meresap ke dalam daging, dan bumbu rendang tidak sedap.



Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasa rendang sesuai harapan ;

1. Gunakan daging sapi yang segar. Bagian sapi yang dapat digunakan untuk rendang antara lain : daging, paru, limpa, dan hati.
2. Gunakan bumbu yang segar dan baru. Giling semua bumbu dengan tangan (batu lado). Bumbu rendang juga dapat dihaluskan dengan blender.
3. Gunakan santan dari kelapa yang tua dan baru.
4. Perbandingan santan dan daging adalah 1 kg daging sapi menggunakan santan dari 3 kelapa tua, yang diambil hanya bagian yang kental saja.
5. Lumuri daging dengan bumbu terlebih dahulu, diamkan selama 30 menit.
6. Ungkep daging yang sudah dilumuri bumbu 10-15 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.
7. Masukkan daging ke dalam santan yang sudah menghasilkan minyak.
8. Aduk daging secara merata, sehingga semua daging masak dengan sempurna.
9. Kecilkan api pada saat memasak rendang, agar bumbu meresap dan daging empuk. Jika api besar, rendang daging terasa agak kaku dan bumbu tidak meresap, tapi rendang sudah matang (hitam).
10. Jika terlupa mengaduk secara terus menerus, terkadang bagian bawah gosong. Jika bagian rendang gosong terlalu banyak, buang bagian yang gosong, agar tidak mempengaruhi yang lain.
11. Jangan tutup kuali agar uap panas keluar.
12. Agar bumbu rendang hitam sempurna, gunakan kelapa dari Lubuk Basung. Rendang yang menggunakan kelapa yang ada di pasar-pasar di Jakarta, tidak akan bisa membuat rendang menjadi hitam sempurna (coklat tua).
13. Jika rendang mengunakan campuran kacang pagar, atau kentang kecil-kecil, atau telur rebus, maka tambahkan bumbu rendang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Rahasia Memasak Rendang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>