Proses Menggoreng Ikan Bilih Singkarak di Pinggir Danau Singkarak : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Proses Menggoreng Ikan Bilih Singkarak di Pinggir Danau Singkarak » Proses Menggoreng Ikan Bilih Singkarak di Pinggir Danau Singkarak

Proses Menggoreng Ikan Bilih Singkarak di Pinggir Danau Singkarak

(564 Views) Juli 1, 2018 1:48 am | Published by | No comment



Selama satu hari, saya dan kakak berwisata ke Istana Basa Pagaruyuang. Kami pulang melalui jalur Danau Singkarak menuju Bukittinggi. Saya jadi ingin membeli ikan bilih Singkarak, karena mengetahui bahwa di sepanjang jalan ada beberapa toko oleh-oleh yang menjual ikan bilih. Kemungkinan besar, ikan bilih yang dibeli di Danau Singkarak lebih murah, dibandingkan dengan ikan bilih yang dibeli di pasar Bukittinggi.

Teman kakak yang ikut dalam rombongan mengajak membeli ikan bilih ke produsen, tidak di toko oleh-oleh, karena ikan bilih yang dijual lebih segar, baru, dan sedikit lebih murah. Kami berhenti di salah satu rumah di pinggir danau Singkarak.



ikan bilih singkarak yang baru selesai digoreng.

Di sebelah rumah terdapat ruangan. Saya melihat ikan bilih yang baru saja digoreng, masih panas, di dalam mangkok plastik besar. Selain ikan bilih ada ikan yang ukurannya lebih besar dari ikan bilih, di dalam mangkok plastik yang lain. Di sebelahnya ruang itu, ada dapur dengan dua kuali besar, tempat ikan yang sudah dibersihkan digoreng untuk dijual.

ikan danau singkarak selain bilih.

Rumah itu persis terletak di depan Danau Singkarak, di pinggir jalan. Ada jalan setapak menuju danau, dan ada sampan kecil tertambat di belakang rumah. Ikan bilih dan ikan lain yang ditangkap di Danau Singkarak, segera dibersihkan dan digoreng, sehingga rasa ikan manis dan renyah. Ikan digoreng sampai garing (digoreng sempurna, bisa langsung dimakan). Ketika ikan bilih dibungkus (dimasukkan ke dalam plastik untuk dijual), ikan akan sedikit layu (melempem). Untuk itu, jika membeli ikan bilih di dalam plastik, ikan harus digoreng kembali, sebentar saja, agar kembali garing.



kuali untuk menggoreng ikan bilih singkarak.

Perhatikan cara mengoreng ikan bilih untuk kedua kalinya. Panaskan minyak dengan api sedang, setelah panas masukkan ikan bilih secukupnya ke dalam minyak panas dan tunggu beberapa saat (kira-kira 5 menit), segera angkat, dan tiriskan. Tanda lain yang menunjukkan ikan bilih sudah cukup garing adalah sudah tidak terdengar desis atau buih udara. Jika lama diangkat, ikan bilih akan gosong dan rasanya akan terasa pahit.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Proses Menggoreng Ikan Bilih Singkarak di Pinggir Danau Singkarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>