Perhiasan Pengantin Perempuan Padang Magek : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » budaya » Perhiasan Pengantin Perempuan Padang Magek » Perhiasan Pengantin Perempuan Padang Magek

Perhiasan Pengantin Perempuan Padang Magek

(859 Views) Januari 22, 2018 8:17 am | Published by | No comment



Perhiasan dan peralatan perempuan di masing-masing nagari di Minang hampir sama, jika ada perbedaan, biasa pada bentuk perhiasan. Perhiasan yang melekat di tubuh dan peralatan/tas yang dibawa untuk berbagai keperluan antara lain ;

Kampie / kambuik bajaik / kambuik baukie / uncang

Kampie berfungsi seperti tas, berguna untuk membawa berbagai keperluan. Bentuk dan besar kampie tergantung dari barang yang dibawa. Kampie terbuat dari pandan, bawah berbentuk segi empat, sedangkan bagian atas bulat. Pada bagian luar dihias dengan jalinan jambul-jambul dari benang woll berwarna merah, kuning, hitam, dan hijau.

Perhiasan

Perhiasan terdiri dari kalung, gelang, dan cincin. Bentuk kalung lebih beragam dibanding gelang dan cincin. Perhiasan terbuat dari emas dan perak, dengan hiasan permata.

Dukuah atau kalung terdiri dan beberapa macam ;

dukuak cakieh, dibuat dari emas atau perak dengan motif butiran padi dengan mainan berbentuk pipih, dipakai pada bagian leher paling atas atau pas leher.

Maniak panjang dari emas atau perak, ada yang dari batu disebut maniak polam.

Si ujan labek, terbuat dari emas atau perak yang ditatah dengan ukiran yang indah.

Dukuah rago-rago dari emas atau perak, berbentuk bulat-bulat kecil berterawang terdiri dari tiga baris.




Galang (gelang)

Galang terdiri dari galang panjang dari emas atau perak bentuknya bulat maupun petak yang dirangkai panjang dan dipakai dengan melilitkan pada pergelangan tangan kanan 12 buah dan 8 buah di tangan kiri.

Galang permato bentuknya pipih terdiri dari dua bagian yang dihubungkan oleh rantai terbuat dari emas atau perak, di bagian atas gelang diberi permata yang besar.

Galang gadang di beberapa nagari disebut juga dengan galang baeram. Bentuk galang gadang bundar dan besar, pada bagian tengah menonjol dibuat dari emas atau perak.

Cincin

Cincin stempel dan cincin lainnya yang menghiasi jari dibuat dari emas atau perak.

gelang permata khas minang.

Cincin

Cincin stempel dan cincin lainnya yang menghiasi jari dibuat dari emas atau perak.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Perhiasan Pengantin Perempuan Padang Magek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>