Belanja Emas di Bukittinggi, di Toko Orang Guguak Randah dan Guguak Tinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » oleh-oleh » Belanja Emas » Belanja Emas di Bukittinggi, di Toko Orang Guguak Randah dan Guguak Tinggi

Belanja Emas di Bukittinggi, di Toko Orang Guguak Randah dan Guguak Tinggi

(9745 Views) November 14, 2014 5:55 am | Published by | 2 Comments



Pemilik toko emas di Bukittinggt berasal dari desa guguak randah dan guguak tinggi. Guguak randah dan guguak tinggi, dua desa yang saling berdekatan. Desa ini terkenal dengan pengrajin dan penjual emas. Mereka pandai membuat emas menjadi perhiasan : cincin, gelang, kalung. Emas yang digunakan untuk perhiasan, emas dengan kadar 22 karat, emas campuran. Jika emas 24 karat, tidak dapat diolah/tidak cukup baik, diolah menjadi perhiasan. Di Bukittinggi, nilai emas dihitung per-2.5 gram. Jika bertanya harga emas, “Bara sa ameh?” artinya berapa harga 1 emas (sama dengan 2.5 gram emas), untuk semua kadar emas : 24 karat, 20 karat dan 18 karat.

Penjual emas (sebagian besar berjualan di pasar atas : Sejarah Pasar Atas (Pasa Ateh) merekrut pegawai dari keluarga : keluarga dekat atau saudara sekampung. Salah seorang pegawai emas, mengatakan pada saya bahwa gaji harian tidak besar, tetapi pada saat bulan puasa, semua aset toko dihitung, diperoleh keuntungan, dikeluarkan zakat 2.5 persen, lalu, sebagian keuntungan, dibagi kepada pegawai berupa emas (tergantung berapa banyak keuntungan yang diperoleh selama 1 tahun). Konsep ini sama dengan restoran Padang. yang membagi keuntungan untuk pegawai sehingga, pegawai menjadi bagian dari kepemilikan usaha tersebut.




Hubungan antara pelanggan dan pemilik toko emas di Bukittinggi, cukup unik. Pelangan dapat menyimpan/menabung ke pemilik toko emas. Setelah mencapai jumlah tertentu, uang tersebut, dibelikan emas dan disimpan di toko tersebut, begitu seterusnya. Saat membutuhkan uang untuk membeli rumah, atau keperluan lain, emas tadi dijual ke pemilik toko itu, menabung dalam bentuk emas. Bagaimana jika pelanggan tersebut meninggal? Pemilik toko akan menghubungi ahli waris dan memberikan emas (tabungan pelangan) tersebut ke ahli waris, yang terkadang ahli waris tidak mengetahui ibu/bapak/saudaranya menabung dalam bentuk emas.

Toko emas mempunyai pelanggan masing-masing, jika ingin membeli gelang dengan rancangan tertentu, berikan contoh rancangan gelang yang diinginkan dan pemilik toko emas membuatkan gelang seperti contoh. Saya melihat rancangan gelang, kalung, cincin yang ada di toko emas Bukittinggi, motifnya lebih sederhana, dan tidak banyak pilihan dibandingkan dengan toko emas di Jakarta.

Emas telah menjadi bagian kehidupan masyarakat kota Bukittinggi. Ada arisan yang menggunakan emas, nilainya, satu rupiah emas. Satu rupiah emas berbentuk koin (beda dengan koin dinar). Nilai emas yang fluktuatif, naik turun, menyebabkan nilai uang tidak selalu sama, perlu dikonfirmasi ke pemilik toko emas, untuk mengetahui harga emas hari ini, hari pada saat arisan.

kalung kerajinan dari koto gadang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Belanja Emas di Bukittinggi, di Toko Orang Guguak Randah dan Guguak Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>