Parkir Sabtu Minggu Lebaran Tahun Baru Liburan di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Transportasi » Parkir » Parkir Sabtu Minggu Lebaran Tahun Baru Liburan di Bukittinggi

Parkir Sabtu Minggu Lebaran Tahun Baru Liburan di Bukittinggi

(746 Views) November 26, 2014 8:56 pm | Published by | No comment



Ruang kota di Bukittinggi yang terbatas, menyebabkan tidak tersedianya ruang yang cukup besar untuk area khusus tempat parkir, sehingga, pada saat musim libur, sebagian media jalan digunakan untuk parkir. Selain itu, perlu pengaturan tempat parkir dan tempat wisata yang dituju. Sebagian besar pendatang tidak mengetahui bahwa tempat wisata yang akan mereka kunjungi bisa dituju dengan berjalan kaki, tidak perlu menggunakan kendaraan, karena akan memakan waktu dan kesulitan mendapatkan tempat parkir.

parkir kendaraan roda empat di depan hotel novotel.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada saat peak season, hari Sabtu, Minggu, Lebaran (Tarif Parkir di Bukittinggi Selama Lebaran Rp. 20.000), Tahun Baru, dan Liburan sekolah, Bukittinggi macet. Parkir sulit dicari, terutama di daerah Pasar Atas, kalau yang menginap di hotel di Jl.Yos Sudarso, Jl. Ahmad Yani, Jl. Teuku Umar, tentu bisa parkir di halaman hotel yang juga terbatas. Tapi bagi yang menginap di Jl. Sudirman, dan di daerah sekitar Panorama, berjalan kaki ke Jam Gadang agak jauh, menggunakan kendaraan, mencari tempat parkir juga tidak mudah.

Ada beberapa lokasi parkir yang bisa digunakan, jika ingin ke jam gadang, benteng, pasar atas, kebun binatang, panorama. Parkir bisa di halaman bioskop Sovya, di sepanjang media Jl. Yos Sudarso, Jl. A.Karim, di bawah jam gadang, di sepanjang Jl, A. Yani.

Parkir bus biasanya, di halaman bioskop Sovya, Jl. Yos Sudarso atau di kantor Dinas Pertamanan Bukittinggi di Jl, Yos Sudarso. Bus jarang parkir di Jl. A. Karim karena jalur jalan yang agak sempit dan lalu lintas di jalan itu yang ramai, karena dilewati oleh angkutan kota.

Biaya parkir mobil pada waktu ramai itu antara Rp.5.000- Rp.20.000, untuk bus tentu harganya lebih mahal lagi. Tarif parkir tidak tergantung, waktu (lama atau sebentar) karena tidak dikelola oleh pemerintah, maka tarif parkir ditentukan oleh penjaga parkir yang biasanya, warga setempat. Itu harga parkir untuk pendatang. Tarif untuk penduduk Bukittinggi, atau orang yang biasa parkir di tempat itu tentu berbeda, bisa diomeli pemilik mobil, jika diminta mahal. Selama ini, parkir di Bukittinggi cukup aman.
Jika ingin ke pasar atas, jam gadang, atau kebun binatang, dapat parkir di jalan sebelah kebun binatang, Jl, Minangkabau, tapi jalannya harus memutar melewati Jl, Pemuda, tidak bisa melalui depan jam gadang, karena ditutup. Bisa juga parkir di Banto Trade Center (BTC).

Banto Trade Center, Bukittinggi.

Saat ini sedang dibangun lahan parkir di Jl. Perintis Kemerdekaan, di dekat supermarket Niagara. Mudah-mudahan segera selesai dan dapat menampung kendaraan pada saat ramai. Pada hari biasa, kebutuhan parkir untuk kota Bukittinggi cukup, tidak terlihat banyak kendaraan parkir di badan jalan.


This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Parkir Sabtu Minggu Lebaran Tahun Baru Liburan di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>