Oleh-Oleh Berupa Makanan Sanjai Balado, Kipang, Sarang Balam, Karak Kaliang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » oleh-oleh » kipang » Oleh-Oleh Berupa Makanan Sanjai Balado, Kipang, Sarang Balam, Karak Kaliang

Oleh-Oleh Berupa Makanan Sanjai Balado, Kipang, Sarang Balam, Karak Kaliang

(2257 Views) Februari 25, 2015 9:46 pm | Published by | No comment



Bukittinggi terkenal dengan berbagai macam makanan, beragam makanan produksi nagari di kabupaten Agam dan Padang, dijual di Bukittinggi.

Pembeli dapat menemukan berbagai macam makanan di belakang pasar atas, atau tiap hari Rabu dan Sabtu di depan pasar bawah.

Makanan yang dijual tiap hari Sabtu dan Minggu, dijamin baru dan fresh, karena pembuat makanan memproduksi makanan untuk dijual pada Hari Sabtu dan Minggu.




Toko yang menjual oleh-oleh makanan di Bukittinggi banyak. Favorit saya, toko Mekar dan toko Singgalang, di Jl. A. Yani, kampung cina. Jenis makanan beragam dan enak. Toko Ummi Alfa yang terletak di Jl. Soekarno Hatta, recommended. Pembuatan kerupuak sanjai dilakukan di sebelah toko. Pembeli dapat melihat proses pembuatannya. Di daerah birugo, jambu air, dan kapeh panji ada beberapa toko penjual makanan. Di TV Bukittinggi, saya sering melihat iklan toko Nitta.

Jenis makanan :

Kerupuk sanjai balado

Kerupuk sanjai balado paling diminati. Saya suka merek Sherly dan Sarina.Kerupuk sanjai ini, produksi Padang, bisa dibeli di Toko Mekar dan Toko Singgalang. Rasa kerupuk sanjainya gurih, tidak terlalu pedas. Produksi karupuak balado dengan merek lain saya belum coba.

Kalau ingin mengetahui apakah kerupuk balado masih baru atau tidak, perhatikan cabenya. Jika sudah mengering dan warna cabe tidak berkilat, kemungkinan sudah lama. Jika cabe masih cair dan warna cabe masih berkilat, berarti masih baru. Sebagian toko menyediakan sampel makanan, bisa dicoba.

Kipang Kacang Citra Balingka

Kipang kacang, berupa kacang merah dan gula merah. Dapat ditemukan di toko kue. Sebut saja kipang kacang citra Balingka. Merek ini terkenal.

Kipang dari ketan

Sebelum membeli kipang dari ketan, periksa kipang dengan cara menekan sedikit saja. Kalau masih garing, butiran ketan pecah, kalau sudah layu, akan terasa saat ditekan.

Sarang balam

Sarang balam : bentuknya seperti sarang burung, berwarna coklat, terbuat dari ubi jalar diparut, digoreng, dan diberi gula merah. Rasanya manis.

Karak kaliang

Berbentuk angka 8, berwarna kuning, terbuat dari ubi kayu yang dihaluskan, dibentuk seperti angka 8 dan digoreng. Penjual ada di belakang pasar atas dan pasar ateh ngarai.

Karak kaliang talua

Berbentuk bulat, dipilin jadi bulatan yang saling menyambung, terbuat dari tepung dan telur. Rasanya lebih gurih dan tidak terlalu keras. Penjual ada di belakang pasar atas dan pasar ateh ngarai.

oleh-oleh sanjai karak kaliang



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Oleh-Oleh Berupa Makanan Sanjai Balado, Kipang, Sarang Balam, Karak Kaliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>