Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » arsitektur » Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap » Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap

Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap

(949 Views) Mei 8, 2018 4:19 am | Published by | No comment



Selama ini, rumah gadang (rumah adat suku Minang) selalu identik dengan bangunan dengan atap gonjong. Atap merupakan ciri khas yang tidak terpisahkan dari rumah gadang. Setelah melihat display di Museum Aditywarman, Padang, saya mengetahui bahwa rumah adat Minang (atau rumah gadang) tidak hanya beratap gonjong, ada yang disebut dengan atap stasiun dan atap Tungkuih nasi.

Di Museum itu ditampilkan foto rumah gadang (eksisting), denah, tampak depan, tampak samping, pola ruang dan tiang-tiang penyangga, sehingga bentuk keseluruhan rumah gadang jelas terlihat.

Ada beberapa nama rumah gadang antara lain ;
Rumah Gadang Atap Stasiun,
Rumah Gadang Tungkuih Nasi
Rumah Gadang Balambai
Rumah Gadang Gajah Maharam
Rumah Gadang Bapaserek
Rumah Gadang Kajang Padati
Rumah Gadang Sitinjau Lauik
Rumah Gadang Surambi Aceh
Rumah Gadang Surambi Papek



rumah gadang atap stasiun

Konsep dasar atap rumah gadang menyerupai bentuk pelana, akan tetapi, ada beberapa variasi dalam penerapannya. Ada yang berbentuk bagonjong (dengan berbagai variasi), atap pelana dengan bagian ujung miring (seperti bungkus nasi), dan atap stasiun. Atap stasiun, atap yang biasa digunakan untuk peron stasiun kereta api. Atap bertumpuk.

Atap rumah gadang yang tidak bagonjong antara lain ;
Rumah Gadang Kajang Padati
Rumah Gadang Tungkuih Nasi
Rumah Gadang Atap Stasiun,

Rumah gadang dengan atap bagonjong banyak ditemukan di daerah darek (darat), misal di Tanah datar, dan Kabupaten Agam. Sedangkan, di daerah rantau (pesisir), sering ditemukan atap rumah gadang kajang padati, Tungkuih nasi, dan atap stasiun.

rumah gadang atap stasiun

Pola ruang pada rumah gadang kajang padati lebih bervariasi dibanding pola ruang rumah gadang yang lain, tangga terletak di kanan dan kiri, terdapat beranda, ruang tepi, dan ruang tengah. Ada 8 kamar yang mengelilingi ruang tengah. Selain itu, terdapat bangunan kecil di belakang bangunan utama, kedua bangunan itu saling terhubung,



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>