Nagari Kapau, Nagari Koto Gadang, Nagari Balingka, dan Makanan : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » dan Makanan » Nagari Kapau, Nagari Koto Gadang, Nagari Balingka, dan Makanan

Nagari Kapau, Nagari Koto Gadang, Nagari Balingka, dan Makanan

(1508 Views) Oktober 30, 2016 11:58 pm | Published by | No comment



Setiap nagari mempunyai makanan khas masing-masing, dan makanan khas itu menjadi “identitas nagari”. Mereka menjual makanan khas tersebut di Bukittinggi, karena Bukittinggi merupakan pusat perdagangan, sejak dulu. Sampai sekarang, Bukittinggi tetapi menjadi pusat perdangangan dari nagari yang ada di sekitarnya dan pemerintah Sumatera Barat tahun 1984, menetapkan Bukittinggi sebagai kota wisata.

Di Bukittinggi wisatawan dapat menemukan nasi kapau dari nagari kapau, gulai itiak lado hijau dari Koto Gadang, Kipang kacang Citra dari Balingka, Katupek Pitalah dari Pitalah, bilih Singkarak (berasal dari Danau Singkarak), dan bilih maninjau (dari Danau Maninjau).

Katupek pitalah

Siapa yang tidak terkenal dengan nasi kapau? Kalau ke Bukittinggi, sebagian orang selalu mampir ke los lambuang di pasar atas, pusat nasi kapau di Bukittinggi, untuk makan nasi kapau. Penjual nasi Kapau, berasal dari nagari Kapau. Karena terkenal, nasi kapau identik dengan masakan Bukittinggi, karena nasi kapau, dapat ditemukan di Bukittinggi.



Gulai itiak lado hijau merupakan makanan khas dari nagari Koto Gadang. Orang Koto Gadang sangat pandai mengolah itik menjadi masakan. Dulu, masakan gulai itiak lado hijau hanya ada pada acara pernikahan atau acara-acara tertentu. Beberapa tahun terakhir, penyuka gulai itiak lado hijau dapat menemukan restoran khusus gulau itiak lado hijau di Ngarai Sianok, Bukittinggi.

Di Jakarta, saya biasa memesan gulau itiak lado hijau ke teman kakak yang orang Koto Gadang, jika dekat lebaran, pemesanan harus dilakukan jauh-jauh hari, karena banyak pesanan, dan beberapa hari menjelang lebaran, pesanan ditutup.

Kipang kacang Citra Balingka, merupakan usaha rumah tangga, dan menjadi oleh-oleh khas Bukittinggi. Dulu, kipang dibungkus dengan daun pisang kering, seiring waktu digunakan kertas karton dengan merk, sehingga praktis dan mudah dibawa. Terdapat dua ukuran, ukuran besar dan kecil. Kipang kacang dari nagari Balingka ini dapat ditemukan di toko makanan di Bukittinggi, misal toko Mekar dan toko Singgalang di Kampuang Cino.

Makanan khas nagari dari sekitar Bukittinggi, berkembang cukup baik karena lokasi penjualan dekat dengan konsumen, misal itiak lado hijau di Ngarai Sianok dan nasi kapau yang berlokasi di pasar atas.

Penjual nasi Kapau, berasal dari nagari Kapau. Nasi kapau identik dengan masakan Bukittinggi, karena nasi kapau, dapat ditemukan di Bukittinggi.
Sumber foto :Zulkifli

Artikel Terkait:

1. Jenis Menu Restoran Padang dan Nasi Kapau di Jakarta
2.Rumah Makan Samba Sebeng Nasi Kapau Ni Mes di Los Lambuang
3. Info Kuliner Sanduak Sendok dari Batok Kelapa
4.Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang
5. Los Lambuang Tempat Nasi Kapau Katupek Kapau Cindua Langkok dan ampiang Dadiah



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Nagari Kapau, Nagari Koto Gadang, Nagari Balingka, dan Makanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>