Monumen Adipura di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sarana kota » Monumen Adipura di Bukittinggi » Monumen Adipura di Bukittinggi

Monumen Adipura di Bukittinggi

(672 Views) Januari 14, 2017 11:03 am | Published by | No comment



Selesai Subuh pukul 5:30, saya sudah mendengar truk pengangkut sampah datang. Dua orang petugas kebersihan memindahkan sampah dari Tempat Penampungan Sampah (TPS) yang terletak di sebelah rumah saya, ke dalam truk. Mereka bekerja sangat cepat.

Jika saya berjalan kaki pagi hari-kira-kira pukul 6:00 WIB- ke arah jam gadang, di sepanjang jalur jalan yang saya lalui, petugas kebersihan kota, sudah menyapu sampah daun dan sampah lain. Mereka bekerja cepat dan efektif, beberapa orang menyapu jalan dan menempatkan sampah di satu titik, sedangkan yang lain mengambil sampah tersebut dan memasukkan ke dalam gerobak sampah.Mereka bekerja sebelum aktivitas kota dimulai. Sampah daun merupakan sampah yang paling banyak. Petugas kebersihan dan jumlah sampah sangat memadai, pada hari biasa.




Kondisi ini berbeda di hari Libur, terutama Lebaran dan Tahun Baru. Jumlah sampah di Bukittinggi meningkat tajam. Banyak pendatang yang membuang sampah sembarangan. Walau, setiap saat petugas kebersihan mengingatkan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya, tapi imbauan tersebut tidak berhasil. Jumlah sampah menumpuk di jam gadang, pusat keramaian di Bukittinggi.

Akan tetapi, pemerintah kota Bukittinggi dapat mengendalikan keadaan tersebut, terbukti, Bukittinggi memperoleh penghargaan Adipura pada tahun 2015. Adipura merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Indonesia bagi kota terbersih berwawasan lingkungan hidup.  Penghargaan Adipura diserahkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 22 Juli 2015 di Istana Siak, Riau.

Ini bukan penghargaa Adipura pertama yang diraih Bukittinggi. Bukittinggi sudah meraih penghargaan Adipura beberapa kali. Malah tahun 1991-1995, Bukittnggi meraih penghargaan Adipura berturut-turut, sehingga pada tahun 1996-1997 Kota Bukittinggi meraih Adipura Kencana.

Kebanggaan kota Bukittinggi itu dibuatkan monumen oleh pemerintah kota. Monumen lambang keberhasilan meraih penghargaan Adipura itu terletak di perempatan jalan Soekarno Hatta dan Ipuh Mandiangin. Di bagian atas monumen diletakkan lambang Adipura, sehingga warga dapat melihat lambang tersebut dari berbagai sudut.
monumen adipura di Bukittinggi.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Monumen Adipura di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>