Minangpreneur Membangun Pengusaha Muda Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Minangpreneur Membangun Pengusaha Muda Minang » Minangpreneur Membangun Pengusaha Muda Minang

Minangpreneur Membangun Pengusaha Muda Minang

(673 Views) September 1, 2017 11:00 am | Published by | 2 Comments



Saya mendapatkan informasi acara minangpreneur di facebook, ada teman yang like dan share. Saya buka webnya http://www.minangpreneur.id/ dan tertarik untuk ikut. Saya kira hanya seminar biasa tentang bisnis. Saya daftar ternyata ada dua pilihan, start-up/UKM (Usaha Kecil Menengah) dan peserta konfrensi. Saya memilih start-up, karena punya start-up jamgadang04.com dan majalaharsitekturlansekap.com. Muncul formulir yang perlu diisi tentang deskripsi start-up. Saya tulis jumlah visitor dan pageviews jamgadang04.com, karena visitornya lebih banyak, selain itu, ini tentang Minang.




Tidak berapa lama saya mendapat email, “selamat telah bergabung dengan minangpreuner dan semoga Anda terpilih untuk tahap berikutnya ( start up showcase, date with investor dan pitch battle). Saya tidak menyangka ada seleksi. Saya kira hanya mendaftar untuk ikut konfrensi saja di Padang, 22-23 April 2017.

Saya terpilih untuk start up showcase. Ketika wawancara melalui telepon, (lokasi wawancara peserta dilakukan di Padang, sedang saya bermukim di Jakarta), panitia memilih majalaharsitekturlansekap.com untuk ditampikan pada pada start up showcase.




peserta dan panitia minangpreneur.




Saya menjadi bagian dari 30 peserta yang terpilih untuk start up showcase. Ada UKM dan Start-up. UKM antara lain menjual bumbu khas Minang (bumbu rendang, bumbu gulai, bumbu kari dan lain-lain), daun kawa yang sudah dikemas seperti teh celup, jahe seduh, camilan ikan dari laut Padang, unggeh tabang atau drone dari Universitas Andalas, kerupuk jengkol, sambal, dan ada beberapa produk lain yang menarik. Start-up yang ikut, antara lain ; investasi ternak melalui online, start-up berupa jaringan pertemanan seperti facebook, tapi khusus institusi/organisasi pemerintah dan masyarakat yang bisa menjadi member, start-up pendidikan (kursus online), animasi, dan travel.

Peserta berasal dari Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Jakarta, dan Australia. Saya bertemu Rahma, peserta dari Australia, lahir di Bukittinggi dan merantau ke Australia. Partnernya dari Australia. Mereka konsultan bisnis. Rahma mengatakan ingin menambah jaringan dengan ikut Minangpreneur untuk pengembangan bisnisnya.

Pada hari ke-dua, motivasi bisnis dari pengusaha Minang yang berhasil, di antaranya pengusaha kilang minyak, produsen alat-alat berat, dan founder start up. Dari 30 peserta, ada beberapa orang yang mendapatkan bantuan lebih lanjut, berupa pemodalan dan bimbingan bisnis. Saya tergabung dengan grup whatapps Minangpreneur dan mengikuti perkembangan kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan Minangpreneur pertama.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Minangpreneur Membangun Pengusaha Muda Minang

  • Dico berkata:

    Semoga kegiatan seperti ini exist terus yang penting exist

    • safitri berkata:

      Saya berharap juga demikian karena pada saat mengikuti acara, ada beberapa investor yang datang. Panitia terus memberi dukungan setelah acara berlangsung, di Padang ada working space setelah kegiatan ini yang diperuntukan bagi ukm dan start up.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>