Mesjid Taluak Raya di Banuhampu, Kabupaten Agam : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Mesjid Taluak Raya di Banuhampu Kabupaten Agam » Mesjid Taluak Raya di Banuhampu, Kabupaten Agam

Mesjid Taluak Raya di Banuhampu, Kabupaten Agam

(736 Views) Oktober 16, 2017 10:04 am | Published by | No comment



Saya beberapa kali melihat foto mesjid Taluak di media sosial, tapi tidak ada keterangan tentang lokasi mesjid itu. Sampai akhirnya secara tidak sengaja, saya menemukan mesjid Taluak, ketika travel AWR yang saya tumpangi dari Padang ke Bukittinggi melewati mesjid itu, karena memilih jalur alternative. Jalur yang biasa dilalui travel AWR macet.

Mesjid berbentuk segi empat dengan atap berbentuk limas. Pintu masuk mesjid dari sisi kanan dan sisi kiri (akses masuk jamaah perempuan dan laki-laki berbeda). Di bagian depan mesjid terdapat teras. Letak mesjid lebih tinggi kira-kira 1 meter dari permukaan. Di samping mesjid terdapat tabuah di bawah gazebo dengan atap dome yang dialas dengan atap datar. Tabuah terletak di atas kolam ikan (tabek). Ada tiga tabek yang menggelilingi mesjid ; di samping, di depan, dan di belakang mesjid.

mesjid taluak banuhampu kabupaten agam

Pintu dan pagar membatasi halaman mesjid dengan jalur jalan, tapi tidak ada pagar atau penanda batas antara mesjid dan rumah warga yang ada di bagian belakang.

Dari pintu masuk ada tiga atap limas, dua atap limas terletak di kanan kiri bangunan (di atas tangga masuk mesjid), sedangkan atap yang paling besar menaungi bangunan utama mesjid. Di bagian depan mesjid terdapat ukiran khas Minang. Di bagian belakang mesjid terdapat atap dome di atas menara kecil. Ini menandakan area di bawah menara merupakan area mihrab (tempat imam, pemimpin Salat).




Mesjid ini merupakan benda cagar budaya Kabupaten Agam, sejak 2010. Mesjid sudah direnovasi, sehingga tidak terlihat lagi keasliannya. Saya kira renovasi tidak hanya mengganti material tapi mengubah sebagian bentuk. Mesjid khas Minang dengan atap limas mempunyai cirri-ciri antara lain ; mesjid terbuat dari kayu, atap menara mesjid berupa dome dengan dasar segi delapan (karena bentuk menara segi delapan), dan atap tempat tabuah, berupa atap bagonjong. Sedangkan pada mesjid taluak dinding mesjid dilapisi tile, atap menara mengunakan atap seng berbentuk dome dengan dasar bulat, dan ada dua ruangan di samping kanan dan kiri mihrab. Gazebo tempat tabuah menggunakan atap dome (dengan dasar bulat, tidak segi delapan) dengan alas atap datar.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Mesjid Taluak Raya di Banuhampu, Kabupaten Agam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>