Mall di Bukittinggi ada 2 : Bukittinggi Plaza dan Banto Trade Center (BTC) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » fasilitas wisata » mall di Bukittinggi » Mall di Bukittinggi ada 2 : Bukittinggi Plaza dan Banto Trade Center (BTC)

Mall di Bukittinggi ada 2 : Bukittinggi Plaza dan Banto Trade Center (BTC)

(6012 Views) Mei 29, 2015 9:30 am | Published by | No comment



Bendi di depan Banto Trade Center.Seperti kota lain di Indonesia, pusat perbelanjaan dengan sebutan mall juga terdapat di Bukittinggi. Bukittinggi punya 2 mall. Bukittinggi Plaza yang terletak di depan jam gadang, dan Banto Trade Center (BTC) yang terletak di pasar banto.

Banto Trade Center, Bukittinggi.

Dulu, lahan Bukittinggi Plaza, merupakan kantor Bupati Agam. Kantor Bupati Agam pindah ke kota Lubuk Basung, dan lahan tersebut digunakan untuk mall.

Bukittinggi Plaza cukup luas, bangunan ini berada di dua jalan, yaitu Jl. A Yani dan Jl. A. Karim. Jadi bagian depan mall menghadap ke jam gadang (Jl. A Yani) bagian belakang mall, menghadap ke Jl, A. Karim.

Saya kalau ingin berbelanja atau jalan memintas ke pasar atas, sering masuk dari Bukittinggi Plaza dari Jl. A. Karim, keluar di depan jam gadang (Jl. A. Yani).




Di Bukittinggi Plaza terdiri dari 3 lantai, lantai 1 untuk toko-toko kecil menjual baju, asesoris, sepatu, makanan, (Texas Friend Chicken, Bakso Lapangan Tembak). Sedangkan lantai 2 dan 3 untuk Ramayana. Di bagian samping bangunan ada permainan untuk anak-anak. Parkir kendaraan dan sepeda motor terletak di basement. Di lantai 2 terdapat tempat bermain anak, dan bioskop 4 D, tapi sekarang sudah tutup.

Tiap Sabtu, Minggu, dan Hari Libur, Bukittinggi Plaza ramai, didatangi warga dari luar kota. Sebagian dari mereka sering memainkan escalator untuk naik turun berkali-kali, karena tidak ada bangunan umum di Bukittinggi yang menggunakan escalator, dan bagi sebagian warga dari luar kota Bukittinggi, escalator menjadi barang yang menarik perhatian.

Banto Trade Center, sudah lama berdiri, tapi tidak banyak pedagang yang berjualan di mall tersebut. Banyak toko kosong. Dulu, lahan Banto Trade Center merupakan pasar tradisional. Pedagang yang berjualan di pasar banto lama, medapat jatah toko di mall tersebut. Salah satunya, saudara saya yang penjahit, tapi ia tidak menjahit di toko yang menjadi haknya, toko itu dibiarkan kosong, karena tidak ada orang yang datang. Sepi. Akhirnya dia membuka tempat jahitan di tempat lain, di pinggir jalan, yang lalu lintasnya ramai.

Saat ini, bagian basement Banto Trade Center, dijadikan tempat berjualan sayur. Pedagang sayur yang sebelumnya berjualan di jalan, depan pasar banto, dipindahkan ke basement. Lebih rapi dan teratur. Sebagian kecil toko sudah buka terutama di lantai 1 dan 2.

Baca :

Pizza Hut, Kentucky Friend Chicken, Texas Friend Chicken, Bakso Lapangan Tembak di Bukittinggi

Mencari Bank dan ATM BCA BNI BRI BII MANDIRI DANAMON BTN di Bukittinggi

Cari Toilet Umum di Bukittinggi



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Mall di Bukittinggi ada 2 : Bukittinggi Plaza dan Banto Trade Center (BTC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>