Kue Sangko BM Berasal dari Balingka : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » cemilan minang » Kue Sangko BM Berasal dari Balingka

Kue Sangko BM Berasal dari Balingka

(5 Views) Juli 18, 2022 12:51 am | Published by | No comment

Kue sangko terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, dan gula. Kue berwarna putih, berasal dari tepung beras. Kue sangko yang terkenal, kue sangko dengan merk BM buatan Balingka. Mei 2017, saat pulang kampung ke Balingka, kakak ingin beli kue sangko, sehingga sambil pulang kami mampir ke tempat produksi kue sangko di dekat Batu Tagak, Balingka.

Tempat produksi kue sangko menyatu dengan rumah. Tipe produksi rumah. Saya dan kakak masuk dari pintu depan, langsung menuju ruang belakang. Di bagian tengah, kue sangko yang sudah matang sedang dikemas (dibungkus ke dalam plastik). Motif kue sangko bagian atas menyerupai bunga, berbeda dengan motif kue sangko dulu yang tidak mempunyai motif, hanya berupa cetakan bulat biasa.

Produksi kue sangko BM sudah sejak tahun 80-an. Saya masih ingat, ada yang membawa oleh-oleh kue sangko dulu. Cetakannya tidak mempunyai motif. Di bagian belakang ada 2-4 orang pekerja yang sedang membuat kue sangko. Satu orang memarut kelapa, yang lain mencampur kelapa dengan tepung dan gula, sedangkan yang lain mencetak dan memanggang. Usaha makanan kecil dan menengah.

kue sangko dari Balingka.
kue sangko dari Balingka.

Ada dua tipe kue sangko. Kue sangko yang parutan kelapa diperas satu kali (air santan yang pertama dikeluarkan) dan kue sangko yang parutan kelapa tidak diperas. Kue sangko yang tidak peras hanya dibuat berdasarkan pesanan. Kakak memesan kue sangko ini (kelapa tidak peras), rasanya lebih gurih dan lebih lembut, tapi tidak tahan lama (mudah basi). Sedangkan, kue sangko yang dijual di pasar, kue sangko yang parutan kelapanya telah diperas satu kali, sehingga bisa tahan sampai 7-14 hari.

Produksi kue sangko dilakukan dua kali dalam 1 minggu. Produksi harus selesai hari Selasa (untuk dijual hari Rabu) dan Kamis/Jumat untuk dijual hari Sabtu. Hari Rabu dan Sabtu merupakah hari pasar di Bukittinggi. Pada hari itu kue sangko dijual ke distributor kecil di pasar bawah dan pasar atas Bukittinggi, dan di toko di padang luar, atau beberapa toko makanan di sekitar Bukittinggi.

Saya pernah melihat kue sangko BM dijual oleh penjual makanan khas Bukittinggi di pasar bawah. Penjual distributor makanan khas ini hanya berjualan tiap hari Rabu dan Sabtu. Pada September 2018 saat saya pulang ke Balingka, saya satu kendaraan umum dengan penjual kue sangko BM. Ia akan mengantar kue sangko itu di toko di Padang luar.

Saya sempat bertanya apakah ia menerima pesanan perorangan dan dikirim ke Jakarta, karena bapak teman saya suka, dan ia pernah menanyakan telepon produsen kue sangko ini, ingin pesan secara online. Tapi, penjual itu mengatakan mereka tidak menerima pesanan, jika ingin membeli ia menyarankan membeli di toko (distributor terdekat).

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kue Sangko BM Berasal dari Balingka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>