Kue Pinyaram Untuk Acara Adat : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Kue Pinyaram Untuk Acara Adat » Kue Pinyaram Untuk Acara Adat

Kue Pinyaram Untuk Acara Adat

(2971 Views) Juli 18, 2017 10:35 am | Published by | No comment



Pinyaram merupakan salah satu kue adat, maksudnya salah satu kue yang selalu ada dalam setiap acara adat, misal pesta pernikahan (baralek) dan pesta datuak (baralek datuak).

Dalam acara baralek pinyaram dimasukkan ke dalam talam yang akan dibawa ke rumah mertua, untuk mengisi kampia (tas khas Minang, khusus untuk membawa beras) bagi tamu yang datang, dan disajikan pada saat baralek.

Pinyaram yang dibawa ke rumah mertua (dimasukkan ke dalam talam) sebanyak 20 buah dengan ukuran diameter 15 cm. Selain pinyaram, ada bulek-bulek atau sebagian nagari menyebut makanan ini inti, goreng pisang raja, kalamai (dodol), kue bolu, rendang, dan nasi dari beras sebanyak 5 liter.

Kue pinyaram digunakan untuk mengisi kampia tamu yang datang pada saat acara baralek (pesta). Tamu datang ke pesta membawa beras di dalam kampia, setelah berasnya diambil, kampia yang kosong diisi oleh tuan rumah dengan pinyaram dan bulek-bulek kecil. Pinyaram yang diberikan ke tamu, ukurannya lebih kecil dibanding pinyaram yang untuk mertua. Ukuran pinyaram pengisi kampia kira-kira berdiameter 6 cm.




pinyaram harga Rp 2000 dijual di pasar bawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kue pinyaram yang dihidangkan pada tamu setelah makan (di dalam piring kecil terdapat 3 pinyaram dan 3 bulek-bulek) berdiamter 10 cm.

Semua pinyaram yang digunakan untuk acara adat (dihidangkan pada saat pesta, dimasukkan ke dalam talam untuk diberikan pada mertua, dan untuk mengisi kampia tamu). pinyaram yang digunakan untuk adat, pinyaram dari beras ketan putih. Pinyaram dari beras ketan hitam, hanya digunakan untuk cemilan. Pinyaram dari beras ketan hitam tidak dapat digunakan untuk acara adat. Pinyaram tidak mudah basi, dapat bertahan selama 1 minggu.

Dulu pinyaram dibuat oleh keluarga wanita. Saat ini, karena kesibukan sehari-hari dan tidak semua orang dapat membuat pinyaram, maka keluarga wanita dapat membeli pinyaram di pasar bawah. Mereka dapat memesan pinyaram sesuai ukuran yang dikehendaki (pinyaramam dengan ukuran diameter 6 cm, 8 cm, dan 10 cm). Pembuatan pinyaram lama karena dibuat satu-satu, pembeli harus memesan jauh-jauh hari, jika membutuhkan pinyaram dalam jumlah banyak. Harga pinyaram antara Rp. 2000-3000, tergantung besar kecil pinyaram.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kue Pinyaram Untuk Acara Adat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>