Kue Kamalayong Kue Kembang Goyang ala Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan minang » Kue Kamalayong Kue Kembang Goyang ala Minang

Kue Kamalayong Kue Kembang Goyang ala Minang

(15 Views) Juli 15, 2022 3:03 am | Published by | No comment

Dulu sebelum Lebaran, mama selalu membuat kue kamaloyang untuk disuguhkan pada tamu pada saat Lebaran. Cetakan yang terbuat dari besi dicelupkan ke dalam adonan kue kamaloyang, lalu digoreng. Biarkan beberapa saat sampai adonan terlepas dari cetakan, setelah itu goreng sampai berwarna kecoklatan (sampai garing). Setelah itu angkat dan tiriskan dari sisa minyak yang menempel disela-sela kue.

Di pasar lereng Bukittinggi dapat ditemukan cetakan kue kamaloyang. Agar tidak lengket pada saat digunakan, rendam di dalam minyak panas. Di Jakarta, kue kamaloyang disebut dengan kembang goyang, hanya berbeda rasa saja. Kue kembang goyang mempunyai rasa manis. Bentuk dan cara membuat kue kamaloyang sama.

Bentuk cetakan berbeda-beda, tapi menyerupai bunga. Ukuran kue kira-kira berdiameter 5-7 cm, dengan tebal 1 cm. Sekarang kue kamaloyang sudah dijual di toko oleh-oleh. Tidak semua toko menjual kue kamaloyang, karena kue ini rapuh, mudah pecah. Sehingga, harus hati-hati mengambil atau memindahkannya.

Toko oleh-oleh Budiman di Bukittinggi, salah satu toko yang menjual kue kamaloyang. Saya juga pernah menemukan kue ini dijual dalam jumlah kilo-an, di janjang Minang Bukittinggi, pada saat bulan Ramadhan. Selain rasa gurih, kue kamaloyang juga mempunyai rasa manis.

Saya menemukan kue kamaloyang dengan rasa pedas di rumah tante, terasa aneh di lidah. Tante mengatakan ia diberi teman yang berasal dari Padang. Kue ini berwarna kemerahan, bentuknya sama dengan kue yang mempunyai rasa gurih dan manis. Jenis camilan dan makanan (lauk pauk) sering sekali dimodifikasi, baik berupa rasa, bentuk, maupun bahan baku.

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kue Kamalayong Kue Kembang Goyang ala Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>