Kompleks Tentara di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » sejarah » Kompleks Tentara di Bukittinggi » Kompleks Tentara di Bukittinggi

Kompleks Tentara di Bukittinggi

(1358 Views) Juni 18, 2015 10:02 pm | Published by | No comment



Rumah sakit tentara, perumahan, gudang, lapangan, dan kantor yang terletak di Kompleks tentara Bukittinggi.

Setiap sakit gigi, saya selalu ke Rumah Sakit Tentara, di belakang balok. Tidak pernah berobat ke Rumah Sakit Achmad Muhtar atau rumah sakit yang lain. Rumah sakit itu kecil dan tidak terlalu ramai. Padahal jarak dari rumah saya ke rumah sakit Achmad Muhtar lebih dekat, tapi entah kenapa, ibu selalu membawa saya ke sana.

Di depan rumah sakit, ada lapangan kantin (lapangan Wirabraja), lapangan itu luas dan digunakan oleh masyarakat Bukittinggi untuk berolahraga basket, voli, sepak bola, dan lari. Sekali-kali saya melihat tentara berolah raga di lapangan itu. Ada kantor yang menghadap ke lapangan kantin. Saya jarang mendekati kantor itu, jaraknya dari area umum (publik) cukup jauh.

Rumah teman saya, dekat lapangan kantin. Saat ke rumahnya, saya jadi tahu bahwa bapaknya tentara. Rumah itu besar dan berdampingan dengan rumah di sebelahnya. Sedangkan, teman yang lain, tinggal di sisi lain lapangan kantin, tapi rumahnya lebih kecil. Ada beberapa orang teman yang tinggal di sekitar lapangan kantin. Tipe (besar) rumah yang mereka tempati berbeda-beda. Dari tipe rumah yang mereka tempati, menunjukkan pangkat orang tua mereka.




rumah sakit tentara Bukittinggi.

Selain rumah sakit, perumahan, ada gudang di dekat lapangan kantin. Gudang itu, terletak di sisi belakang, bukan area yang sering diakses warga, karena kompleks tentara. Saya melewati jalur itu, karena memintas menuju rumah teman yang ada di sampingnya. Teman itu yang memberitahu, kalau itu gudang. Dari bentuk bangunan bisa dilihat jelas: bentuk gudang.

Semua itu berada di kompleks tentara.Kompleks tentara ini dibangun pada masa Belanda, tahun 1861, terletak di Jl. Sudirman, jalan utama kota Bukittinggi. Sebelum dibangun Belanda di Jl. Sudirman, kompleks tentara terletak di sekitar benteng Ford de Kock, sampai kaki bukit di bawahnya. Saat ini, masih terlihat beberapa bangunan atau fasilitas umum yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda di sekitar Benteng Ford : lapangan, rumah sakit, perumahan, dan kolam renang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kompleks Tentara di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>