Katupek Pitalah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Katupek Pitalah » Katupek Pitalah

Katupek Pitalah

(2887 Views) September 13, 2016 11:04 pm | Published by | No comment



Katupek pitalah merupakan ketupat (ketupat) sayur. Ketupat sayur itu dijual oleh orang yang berasal dari nagari Pitalah. Nagari Pitalah masuk wilayah administrasi Kabupaten Tanah Datar, tapi karena daerah Pitalah dekat dengan Padang Panjang, maka banyak penjuak katupek pitalah yang berjualan di sana. Seperti nasi Kapau, Kapau merupakan nama nagari yang penjual nasi tersebut berasal dari nagari Kapau.

Apa yang membedakan katupek Pitalah dengan ketupat sayur yang lain? Katupek pitalah terdiri dari 3 sayuran, yaitu rebung, nangka, dan lobak singgalang. Sayur dipotong besar-besar, diberi bumbu (kunyit, sereh, jahe, lengkuas, kemiri, dan lada) dan santan, dimasak di dalam talenang (belanga dari tanah liat) secara perlahan, sehingga sayur matang merata dan kuah gulai mengental. Bumbu yang tepat dan cara pemasakan yang menggunakan belangga menyebabkan rasa dan wangi gulai ketupat pitalah menjadi istimewa.




Cara penyajian katupekt pitalah sangat unik. Ketupat tidak dipotong-potong, tapi hanya dibelah dua memanjang dan diatasnya disiram kuah gulai sayur. Cara penyajian ini dinamakan rujik.
Maksud dari cara penyajian ini, agar setiap orang memotong sendiri ketupat yang akan mereka suap, sesuai besaran suapan masing-masing. Jika dipotong-potong, itu berarti penjual menyamakan suapan setiap pembeli. Padahal besaran suapan setiap orang berbeda-beda.

Katupek pitalah

Itulah yang membedakan katupek pitalah dan ketupat sayur. Ketupat sayur, disajikan dengan gulai sayur nangka saja, kadang ditambah sedikit buncis. Ketupat dipotong-potong, disiram gulai nangka dan ditambah kerupuk merah. Sedangkang katupek pitalah tidak ditambah kerupuk merah. Sama dengan ketupat sayur, katupek pitalah disajikan pagi hari, untuk sarapan. Ukuran ketupat yang besar dan menggunakan beras lokal. Makan sepiring katupek pitalah cukup mengenyangkan.

Di Bukittinggi, katupek pitalah dapat ditemukan di pasar bawah, pada hari pasar (hari Pakan) Rabu dan Sabtu. Selain ketupat pitalah terdapat ketupat kapau dan ketupat pical. Ketupat kapau dan ketupat pical dapat ditemukan di los lambuang. Ketupat kapau, hampir sama dengan ketupat sayur. Sedangkan ketupat pical, ketupat dan pical. Ketupat ditambah sayur ; kol dan mie, disiram gulai nangka/buncis dan kuah kacang pecel.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Katupek Pitalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>