Karak Kaliang Talua : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » cemilan minang » Karak Kaliang Talua

Karak Kaliang Talua

(6 Views) Juli 14, 2022 7:53 am | Published by | No comment

Apa beda karak kaliang talua dengan karak kaliang? Namanya hampir sama, tapi ada tambahan talua, yang berarti telur. Karak kaliang terbuat dari singkong yang diparut ditambah bumbu, dibentuk angka delapan dan digoreng, berwarna kuning muda yang berasal dari kunyit.

Karak kaliang hampir sama dengan lanting, camilan dari Jawa. Karak kaliang talua, terbuat dari tepung beras, dicampur telur, bentuknya berbeda dengan karak kaliang. Karak kaliang talua dibentuk dari 2 buah adonan yang dibentuk melingkar, dijalin, dijadikan satu.

Ada beberapa titik yang dipipihkan. Bentuk dan ukuran karak kaliang talua berbeda-beda. Ada adonan yang diameter lingkarannya mencapai 5-6 cm, tapi ada yang hanya 2-3 cm, tapi gulungannya lebih tebal. Ini merupakan ciri khas dari makanan ini. Akan tetapi, ada beberapa bentuk karak kaliang talua, misal berbentuk pipih dan dipotong-potong.

karak kaliang talua karak kaliang cemilan minang cemilan bukittinggi

Karak kaliang talua digoreng sampai berwarna coklat tua. dan jika masih baru, sangat renyah, dan mudah dipatahkan. Karak kaliang talua lebih mudah layu (melempem) dibanding karak kaliang, sehingga dijual dalam plastic-plastik kecil. Karak kaliang talua tidak ada yang dijual dalam bentuk kiloaan, karena jika terkena angin mudah melempem.

Karak kaliang talua dijual dalam plastic dengan harga Rp. 10.000. Karak kaliang yang dijual di pasar bawah, masih baru, langsung dari produsen camilan tersebut, yang dipasarkan oleh distributor camilan.

Distributor camilan ini yang hanya berjualan setiap hari Rabu dan Sabtu, bisa ditemukan di pinggir jalan. Selain di pasar bawah, karak kaliang talua juga dapat ditemukan di pasar oleh-oleh di belakang pasar atas Bukittinggi, di sini, bentuk karak kaliang talua lebih beragam, ada yang berbentuk besar, sedang, dan kecil. Akan tetapi, walau berbeda bentuk, rasanya tetap sama.

This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Karak Kaliang Talua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>