Jenis-Jenis Rakik (Rempeyek) di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jenis-Jenis Rakik (Rempeyek) di Bukittinggi

Jenis-Jenis Rakik (Rempeyek) di Bukittinggi

(2048 Views) Juni 7, 2017 3:37 am | Published by | No comment




Rakik hampir sama dengan rempeyek (Jawa), terbuat dari tepung beras, air, ditambah bumbu-bumbu berupa garam, kunyit, dan irisan jeruk nipis. Rakik yang mempunyai ukuran yang sama, berbentuk bulat atau persegi empat (dibuat dengan menggunakan cetakan), biasa dijual grosiran. Penjual individu yang membuat dan menjual rakik dalam jumlah terbatas, dengan ukuran yang berbeda-beda, dijual secara eceran.

makanan kecil yang dijual di warung

 

 

 

 

 

 

 

 

Rakik yang dijual di Bukittinggi bermacam-macam tergantung dari isi bagian atas, antara lain;

1.Rakik kacang (lapisan atas ditaburi kacang).
2.Rakik ebi (terdapat taburan ebi).
3.Rakik maco (ada satu sampai tiga ikan maco utuh, kecil, terletak di bagian atas).




Bentuk rakik tergantung dari jenis rakik.

Rakik kacang yang dijual secara grosir, berbentuk bulat dengan diameter kira-kira 10 cm dan penuh diisi kacang di atasnya. Rakik ini lebih tebal. Akan tetapi, ada rakik kacang yang tipis dan hanya diisi beberapa butir kacang (tidak penuh). Di Bukittinggi, kacang yang digunakan di atas rakik tidak dipotong-potong, tapi kacang utuh dengan kulitnya. Berbeda dengan rempeyek, kacang dipotong kecil-kecil.

Rakik maco berbentuk segi empat dengan ukuran kira-kira 10 x 10 cm, di bagian tengah terdapat 1 ekor ikan maco. Sedangkan rakik maco yang dijual oleh penjual individu berbentuk acak, karena tidak menggunakan cetakan, tapi digoreng di pinggir kuali.




Rakik ebi hanya dijual oleh penjual individu, jarang rakik ebi dijual dalam jumlah besar (grosir). Rakik yang dijual dalam jumlah besar (grosir), rakik kacang dan rakik teri/maco. Penjual grosiran menjual rakik di pasar bawah, setiap hari Rabu dan Sabtu. Sebagian pembeli rakik pemilik warung/lapau yang menjual kembali rakik tersebut dalam bentuk eceran.

Rakik maco, kacang, dan ebi yang dijual oleh penjual individu di pasar bawah dengan harga Rp. 5.000 (kira-kira dalam satu plastik 6-8 buah). Sedangkan, harga rakik kacang dalam satu plastik besar (penjual grosir) antara Rp. 10.000 -15.000.

Rakik dapat dimakan sebagai cemilan atau teman nasi. Rakik yang dimakan untuk cemilan, rakik kacang. Sedangkan, rakik ebi dan rakik maco dapat dimakan dengan nasi. Di warung atau lapau, rakik dimakan sebagai cemilan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jenis-Jenis Rakik (Rempeyek) di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>