Jengkol dan Masakan Padang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Jengkol dan Masakan Padang » Jengkol dan Masakan Padang

Jengkol dan Masakan Padang

(1362 Views) Februari 17, 2017 2:38 pm | Published by | No comment



Jenis masakan Padang apa saja yang menggunakan Jengkol? Gulai jengkol, rendang jengkol, kerupuk jengkol, jengkol balado merah, jengkol balado hijau, campuran balado teri, jengkol, dan terung. Jenis masakan jengkol yang jarang ditemukan, jengkol (ditokok-dipukul tapi tidak hancur) dan cabe giling mentah, lalu disiram minyak kelapa mendidih.

Di restoran Padang, jarang tersedia menu jengkol. Jika ada, campuran balado teri, jengkol, dan terung. Kerupuk jengkol kadang-kadang tersedia di rumah makan Padang tertentu. Berbeda dengan kerupuk kuli (jangek) yang mudah ditemukan.

Gulai jengkol dapat ditemukan di rumah makan yang menyediakan nasi kapau. Jengkol dimasukkan (dicampur) ke dalam gulai sayur. Tidak ada menu khusus gulai jengkol. Kenapa jengkol jarang/sulit ditemukan di rumah makan? Ada banyak alasan, (1) tidak semua orang menyukai jengkol, (2) ketersediaan bahan baku yang berkualitas, (3) harga yang mahal (untuk dijual kembali), sehingga, menu jengkol lebih sering dimasak rumahan, kecuali kerupuk jengkol.




gulai jengkol

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerupuk jengkol sulit ditemukan di Jakarta, saya menemukan kerupuk jengkol di salah satu rumah makan nasi kapau, di Food Court Thamrin City, Jakarta. Mereka menyediakan kerupuk jengkol yang sudah digoreng. Kerupuk jengkol mentah dapat ditemukan di pasar bawah Bukittinggi.

Pembuatan kerupuk jengkol sederhana, jengkol tua direbus, lalu ditipiskan dengan menggunakan ulekan (batu lado), secara hati-hati. Satu kerupuk jengkol terdiri dari 3-4 jengkol yang ditipiskan dan dilekatkan satu dengan yang lain. Setelah itu dijemur sampai kering. Saya pernah melihat penjual jengkol sedang membuat kerupuk jengkol di pasar Padang Panjang, Sumatera Barat.

Rendang jengkol sulit/tidak pernah saya ditemukan di rumah makan Padang, tapi saya sering melihat promosi rendang jengkol melalui pages facebook.

Jika ingin menemukan masakan jengkol yang lengkap, antara lain, gulai jengkol dan jengkol balado, dapat dicari di pasar Bulan Ramadan di Bendungan Hilir, Jakarta. Penjual makanan Padang, menyediakan jenis makanan yang jarang/tidak pernah dijual di restoran/rumah makan Padang pada bulan Ramadan, karena banyak yang membeli.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jengkol dan Masakan Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>