Info Kuliner : Sanduak Sendok Dari Batok Kelapa : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info kuliner : Sanduak Sendok Dari Batok Kelapa » Info Kuliner : Sanduak Sendok Dari Batok Kelapa

Info Kuliner : Sanduak Sendok Dari Batok Kelapa

(956 Views) Juli 28, 2017 10:07 am | Published by | No comment



Jika makan nasi Kapau di Los Lambuang, kita dapat menemukan sanduak, sendok yang terbuat dari batok kelapa dan ganggang dari bambu. Penjual nasi kapau mengambil lauk (samba) menggunakan sanduak. Ada dua sanduak yang mereka gunakan, satu sanduak dengan ukuran batok kelapa (cekukan) yang lebih besar dan dalam, digunakan untuk mengambil lauk (samba), sedangkan yang lain dengan ukuran batok kelapa (cekukan) yang lebih kecil, untuk mengambil kuah. Ganggang sanduak panjang, sehingga bisa menjangkau samba (lauk) yang terletak di bagian bawah.

Lauk yang tidak dapat (sulit) diambil dengan sanduak, diletakkan di dekat penjual, sehingga penjual dapat mengambil lauk dengan menggunakan sendok, misal dendeng balado, belut kering balado, dan rendang ayam. Gulai tunjang, gulai ayam, dan gulai limpa, diambil dengan sanduak.

Selain, untuk menjangkau samba oleh penjual nasi kapau, sanduak digunakan untuk memasak dengan cara tradisional, menggunakan kuali besar dan tungku. Ini yang menyebabkan ganggang sanduak panjang dan kuat.

Saya membeli dua sanduak untuk menggoreng dan membuat gulai. Ganggang sanduak terlalu panjang digunakan untuk kuali kecil, dan tidak ada lubang untuk mengantungkan sanduak di dinding dapur, seperti sendok goreng biasa.



sanduak yang digunakan penjual nasi kapau.

Harga sanduak antara Rp 2.500- Rp.10.000, tergantung dari besar dan kecil batok kelapa (bagian kepala). Bentuk batok kelapa bermacam-macam, ada yang sangat besar (diameter 15) dengan cekukan yang dalam (kemungkinan untuk mengambil air), ada batok kelapa yang kecil (diameter 6 cm), ada yang cekukannya tidak dalam (untuk mengambil kuah gulai nasi kapau), dan ada sanduak untuk mengambil nasi. Sanduak mempunyai ukuran kepala yang berbeda-beda ukurannya, tergantung fungsi.

Di Bukittinggi, dijual bersama dengan barang-barang dapur/rumah tangga lain. Selama saya mengitari pasar bawah, ada beberapa penjual sanduk. Sanduak diletakkan di dalam ember besar. Menurut uni, penjual sanduak, banyak bule (wisatawan asing) yang membeli sanduak karena unik.

Artikel Terkait:

1. Jenis Menu Restoran Padang dan Nasi Kapau di Jakarta
2. Nagari Kapau Nagari Koto Gadang Nagari Balingka dan Makanan
3.Rumah Makan Samba Sebeng Nasi Kapau Ni Mes di Los LambuangBeda Nasi Kapau dengan Nasi Padang
5. Los Lambuang Tempat Nasi Kapau Katupek Kapau Cindua Langkok dan ampiang Dadiah



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info Kuliner : Sanduak Sendok Dari Batok Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>