Info Kuliner : Macam-Macam Karupuak Kamang (Kerupuk Kamang) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info Kuliner : Macam-Macam Karupuak Kamang (Kerupuk Kamang) » Info Kuliner : Macam-Macam Karupuak Kamang (Kerupuk Kamang)

Info Kuliner : Macam-Macam Karupuak Kamang (Kerupuk Kamang)

(1358 Views) Juli 24, 2017 4:42 am | Published by | No comment



Nama Makanan di Bukittinggi disesuaikan dengan asal (nagari) pembuatnya, misal kerupuk Kamang, berarti pembuat dan penjual kerupuk itu berasal dari Nagari Kamang. Kerupuk Baso, pembuat dan penjual kerupuk berasal dari Nagari Baso. Bubua samba Sianok, pembuat dan penjual bubua samba berasal dari Nagari Sianok.

Kerupuk Kamang merupakan salah satu kerupuk khas Bukittinggi, selain kerupuk merah, kerupuk jangek, dan kerupuk nasi. Kerupuk Kamang terbuat dari singkong dan diberi bumbu, berbentuk bulat dan tipis. Ukuran kerupuk bermacam-macam antara 8-20 cm. Dulu saya suka kerupuk kamang yang tipis (saking tipisnya sampai transparan), setelah teman kakak memberi kerupuk kamang yang tebal dan rasanya enak, saya memutuskan untuk membeli yang tebal untuk dibawa ke Jakarta.



kerupuk-kamang dijual perbungkus dan per kg.

Kerupuk kamang dijual dengan dua cara : per-ikat dan dimasukkan ke dalam plastik dan per-kilo. Harga kerupuk kamang dalam plastik (dalam beberapa ikatan), antara Rp. 25.000 – Rp. 30.000. sedangkan harga kerupuk per-kilo antara Rp. 20.000 – 30.000.

Penjual Kerupuk Kamang hanya menjual kerupuk kamang buatan sendiri, tidak menjual produk lain. Jadi rasa kerupuk Kamang berbeda-beda, tergantung pembuat (penjual) kerupuk Kamang. Karupuak Kamang dapat dibeli di pasar bawah dan di depan Banto Trade Center. Dulu, saya suka membeli karupuak kamang yang dijual di depan jam gadang, penjual menumpuk beberapa plastik kerupuk, dijual dengan harga Rp. 25.000-30.000. Sejak dilarang pemerintah kota berjualan di pelataran jam gadang, saya tidak menemukan lagi penjual karupuak kamang itu. Padahal, kerupuknya enak.

Kerupuk kamang dijual mentah, tapi ada kerupuk kamang yang dijual matang (sudah digoreng) dengan harga Rp. 30.000/plastik, di pasar bawah. Tidak banyak penjual yang menjual kerupuk kamang matang.

Kerupuk kamang tidak dijual di rumah makan atau restoran Padang, seperti kerupuk jangek (kerupuk kulit). Saya menemukan satu rumah makan di Bukittinggi, rumah makan elektro, di Jl. Teuku Nan Renceh yang meletakkan kerupuk kamang matang di atas meja makan, Rp.1.000 per plastik kecil.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info Kuliner : Macam-Macam Karupuak Kamang (Kerupuk Kamang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>