Info kuliner : Karupuak Kuah Sate Padang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info kuliner : Karupuak Kuah Sate Padang » Info kuliner : Karupuak Kuah Sate Padang

Info kuliner : Karupuak Kuah Sate Padang

(957 Views) Juli 21, 2017 10:48 am | Published by | No comment



Camilan karupuak kuah sate padang (kerupuk diberi kuah di bagian atasnya), merupakan camilan yang sering dijajakan di warung atau penjaja kaki lima.

Banyak penjual kaki lima yang berjualan karupuak kuah sate padang di sekitar jam gadang. Penjual membawa kerupuk lebar di dalam plastik, kuah sate padang, dan bihun goreng di dalam keranjang. Dulu mereka duduk di sekitar jam gadang, di depan Plaza Bukittinggi, tapi saat ini mereka tidak diizinkan oleh pemerintah kota berjualan di jam gadang. Akhirnya, sebagian dari mereka duduk di depan toko di dekat jam gadang, atau berdiri di depan Plaza Bukittinggi. Sewaktu-waktu ada satpol PP datang merazia, mereka bisa segera menghindar.

Camilan ini murah, karena terdiri dari kerupuk yang berukuran diameter 25 cm dan dilipat dua, dan diolesi kuah sate Padang (kuah berwarna kuning dan agak kental). Tambahan bihun goreng di atas kerupuk, jika pembeli meminta.

Saya mencoba makan karupuak kuah di depan Rumah Sakit Achmad Muchar. Ada penjual sate Padang dan saya melihat kerupuk lebar tergantung di gerobak sate itu, tanda bahwa penjual sate menyediakan karupuak kuah sate Padang. Saya meminta kerupuk dan kuah sate, penjual menyajikan kerupuk utuh dan kuah sate, di dalam piring.



karupuak kuah pakai kuah sate Padang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerupuk tidak dipotong-potong tapi diberikan utuh. Kerupuk kuah sate itu berharga Rp. 4.000. Kuah sate padang masih hangat,karena selalu dipanaskan dengan bara, dan harus makan di tempat (atau pada saat disajikan), tidak bisa dibawa pulang, kerupuk akan melempem, karena kuah sate.

Karupuak kuah (karupuak kamang) yang dijual oleh penjual sate padang tidak menyediakan bihun goreng, karena karupuak kamang disediakan untuk camilan sate. Setelah ketupat dan daging sate habis, maka kuah yang bersisa dimakan dengan kerupuk. Selain kerupuk berbentuk lebar (kerupuk kamang), teman sate padang karupuak jangek (kerupuk kulit), jenis kerupuk kulit yang disediakan, yang berukuran kecil (ukuran 3×3 cm) atau ukuran panjang (4 x 20 cm).



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info kuliner : Karupuak Kuah Sate Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>