Info Kuliner : Cara Memasak Telur Ikan (Dibungkus Daun Pisang dan Digulai) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info Kuliner : Cara Memasak Telur Ikan (Dibungkus Daun Pisang dan Digulai) » Info Kuliner : Cara Memasak Telur Ikan (Dibungkus Daun Pisang dan Digulai)

Info Kuliner : Cara Memasak Telur Ikan (Dibungkus Daun Pisang dan Digulai)

(998 Views) Juli 15, 2017 8:42 am | Published by | No comment



Menu masakan telur ikan tidak selalu ada di setiap restoran Padang, hanya beberapa restoran dan rumah makan yang menyajikan masakan telur ikan, karena bahan baku telur ikan mentah sulit/jarang didapatkan. Biasa, masakan telur ikan merupakan menu rumahan.

Saya menemukan menu telur ikan di restoran Aie Badarun, Padang Panjang dan Rumah Makan Balingka, Food Court, Thamrin City, Jakarta. Cara penyajian dan cara memasak kedua menu telur ikan berbeda. Di rumah makan Aie Badarun, telur ikan dibungkus daun pisang dan digulai, sehingga telur ikan utuh di dalam daun pisang. Satu porsi satu bungkus telur ikan. Sedangkan, di rumah makan Balingka, telur ikan tidak dibungkus, tapi langsung digulai. Penjual sudah memotong-motong telur ikan itu, sehingga pembeli dapat mengambil telur ikan perpotong secara hati-hati, agar sebagian telur tidak jatuh (tercecer).

gulai telur ikan tidak dibungkus daun pisang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Telur ikan yang digunakan dalam masakan Minang adalah telur ikan yang berupa butiran, tidak telur ikan yang berwarna putih. Dalam keadaan mentah, telur ikan berupa butiran terikat oleh selaput. Telur ikan yang dimasak dengan cara membungkus dengan daun pisang, selaput yang mengikat telur dibuang, sehingga hanya butiran telur ikan yang dimasak. Sedangkan, telur ikan yang dimasak dengan tidak menggunakan daun (langsung digulai), selaput yang mengikat telur ikan tidak dibuang, hanya dibersihkan, sehingga sebagian telur ikan tercecer di dalam gulai.

Kedua cara itu mempunyai kelebihan dan kekurangan, telur ikan yang dibungkus, rasa gulai tidak terlalu meresap ke dalam telur ikan. Sedangkan telur ikan yang tidak dibungkus, cara memasak harus dilakukan secara hati-hati agar tidak semakin banyak telur ikan yang berceceran di dalam gulai.



telur ikan gulai di dalam daun pisang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mama saya beberapa kali memasak telur ikan, beliau memilih cara membungkus telur ikan dengan daun, kemudian digulai. Telur ikan diberi jeruk nipis dan garam, didiamkan beberapa saat, kemudian dikukus sampai masak. Setelah itu, bungkus daun pisang dibuka, telur ikan utuh yang telah dikukus, digulai secara hati-hati sehingga bumbu gulai meresap ke dalam telur ikan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info Kuliner : Cara Memasak Telur Ikan (Dibungkus Daun Pisang dan Digulai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>