Group Nagari Balingka di Facebook : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Group Nagari Balingka di Facebook

Group Nagari Balingka di Facebook

(921 Views) April 19, 2016 3:59 am | Published by | No comment



Perkembangan zaman turut menjadi bagian dari orang Minang, mereka menggunakan telepon gengam dan media sosial sebagai alat komunikasi. Facebook yang memiliki fasilitas group dimanfaatkan untuk menjadi tempat berkumpul anak nagari yang ada di kampung dan di perantauan. Semua informasi tentang nagari disampaikan di dalam grup; berita kematian, pernikahan, dan kegiatan di dalam nagari.

Saya menjadi anggota (member) dari 4 group Nagari Balingka, tiga group tertutup hanya orang Balingka yang diundang dan menjadi anggota group, satu grup terbuka untuk umum.

1)Balingka Tempo Doelu (Close Group ) mempunyai 889.member.
2)Balerong Anak Nagari Balingka (Close Group) mempunyai 2200 member
3)Ikatan Keluarga Balingka Jakarta (Close Group) mempunyai 158 member.
4)Rang Balingka Sedunia (public group) mempunyai 279 member.




Member di group Balingka selalu menginformasikan secara cepat, bila ada yang meninggal. Saya bisa mendapatkan informasi terlebih dahulu dibandingkan dengan etek Yus, yang bermukim di Bukittinggi, karena ia tidak menggunakan facebook. Bila ada saudara yang tidak bisa dihubungi, salah seorang member bisa meminta bantuan member lain untuk memberi tahu informasi tersebut.

Sejak tergabung dalam grup Balingka, saya mendapatkan beberapa orang teman facebook yang ternyata masih ada hubungan saudara, padahal sebelumnya tidak kenal atau tidak pernah bertemu.

Member di dalam grup Balingka terdiri dari berbagai usia, latar belakang pendidikan, profesi, dan tempat bermukim (di Jakarta, Medan, Bandung, dan kota lain di Indonesia). Komunikasi di dalam grup dilakukan dalam bahasa Minang, sebagian ada yang menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam berkomunikasi ada sebagian anak muda yang menggunakan bahasa “gaul”, hal ini langsung ditegur oleh admin atau tetua grup untuk selalu menggunakan bahasa yang santun, karena bisa saja di dalam grup terdapat ninik mamak. Cara berkomunikasi dengan orang tua dan ninik mamak tentu berbeda dengan teman seusia. Di dalam grup ada teman mama, Ita Bahisah, usia 84 tahun, ia cukup aktif memberi komentar di grup.

Baru-baru ini panitia 100 tahun Balingka mencari/mendata mahasiswa yang berasal dari Balingka, mungkin untuk diberikan beasiswa. Pencarian data seperti ini sangat efektif, karena langsung berhubunngan dengan mahasiswa yang bersangkutan dan data yang disampaikan akurat, dan cepat. Panitia dengan mudah mendata dan menghubungi mahasiswa melalui facebook.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Group Nagari Balingka di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>