Google Map Lokasi Dari Jam Gadang ke Pasar Lereng : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Google Map Tujuan di Bukittinggi » Google Map Lokasi Dari Jam Gadang ke Pasar Lereng » Google Map Lokasi Dari Jam Gadang ke Pasar Lereng

Google Map Lokasi Dari Jam Gadang ke Pasar Lereng

(1138 Views) Juli 5, 2015 6:22 am | Published by | No comment

Panduan bagi pejalan kaki dan pengendara, dari Jam Gadang ke Pasar Lereng.

Pasar lereng adalah jalur jalan yang menurun yang dijadikan tempat untuk berdagang. Pasar itu hanya satu jalur jalan, dari atas sampai ke bawah.

Pada hari Sabtu dan Rabu, pasar lereng penuh sesak dengan pedagang dan pembeli. Tempat yang terbatas menyebabkan jalur itu sangat padat. Tidak disarankan melalui pasar itu hanya untuk melintas. Selain Sabtu dan Rabu, 5 hari menjelang Lebaran, pasar itu sangat ramai.
Penjual di pasar lereng menjual baju dan perlengkapan memasak.



Jalur pejalan kaki dan kendaraan, dari jam gadang ke pasar lereng, berbeda.

Dari jam gadang ke Pasar Lereng, lebih cepat berjalan kaki dibandingkan dengan kendaraan, karena, jalur kendaraan memutar menuju pasar lereng. Sedangkan berjalan kaki bisa melalui jam gadang, dan Pasar Lereng.




Pada pagi hari, ketika pedagang kaki lima belum berjualan. pengendara sepeda motor dapat melalui jalur ini. Tapi kendaraan roda empat tidak dapat melewati jalur ini, karena jalur jalan tertutup lapak pedagang.

Dari Pasar Lereng menuju pasar atas (belakang pasar) dapat melalui tangga. Ada satu tangga terletak di sebelah toko bumbu, letak tangga tertutup toko tidak terlihat.

Dari pasar lereng dapat menuju pasar putih (tempat menjual barang-barang bekas).

Jika ingin ke los lambuang ada 3 alternatif jalan ;

  1. dari arah belakang pasar,
  2. dari arah pasar putih (kendaraan dapat di parkir di depan mesjid raya), berjalan menurun menuju los lambung.
  3. dari arah jam gadang.

Jarak Jam Gadang ke Pasar Lereng kira-kira 100 m.
Berjalan kaki dari jam gadang ke Pasar Bawah, 5 menit (ujung atas pasar lereng), jika sampai ke bagian bawah, membutuhkan waktu 20-30 menit.

Dari arah jam gadang ke arah kanan, tampak tulisan Toko Rima, di depan toko itu jalan menuju pasar lereng.

Dari jam gadang menuju pasar lereng, terdapat penjual sate di sebelah kanan, toko kosmetik, toko peralatan rumah tangga.
Sedangkan di sebelah kiri, penjual makanan ringan khas oleh-oleh Bukittinggi ; penjual bika, penjual buah-buahan. Dari sisi sebelah kiri menuju belakang pasar.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Google Map Lokasi Dari Jam Gadang ke Pasar Lereng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>