Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi » Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi

Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi

(962 Views) Juni 27, 2017 6:59 am | Published by | No comment




Saya pernah mendengar, ada kesenian Minang yang ditampilkan untuk wisatawan pada malam-malam tertentu di Bukittinggi, tapi tidak tahu tempatnya. Setelah bertanya ke sana kemari, diberitahu gedung kesenian itu terletak di dekat bioskop, Eri di belakang hotel Jogya. Saya telusuri area yang dimaksud, ketemu tulisan “Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi”. Ini gedung kesenian yang dimaksud.

Bangunan itu seperti toko. Saya beberapa kali melewati area itu dan tidak menduga gedung pertunjukan kesenian Minang di tempat itu, karena mengira toko biasa. Tulisan nama gedung yang menandakan bahwa itu gedung kesenian.

pusat kesenian lenggogeni di Bukittinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada informasi atau seseorang yang dapat ditanya. Saya tanya ke satpol PP yang sedang duduk-duduk di luar gedung, kapan acara kesenian berlangsung? Ia mengarahkan, untuk masuk ke dalam gedung. Pintu terbuka dan saya masuk, ada ruang tiket (untuk membeli tiket masuk), tidak ada orang dan tidak ada tulisan jadual kesenian maupun harga tiket.

Saya masuk ke dalam, ada beberapa orang yang sedang berkumpul, sepertinya sedang mempersiapkan sebuah acara, siapa yang akan ditanya? Saya pilih salah seorang yang dekat pintu dan bertanya,” Kapan pertunjukan kesenian berlangsung, saya ingin menonton?” Wanita yang saya tanya tidak mampu menjawab dan melemparkan pertanyaan itu ke laki-laki berkaca mata di dekatnya.

Laki-laki itu menjawab, setiap hari pukul 21:00 – 23:00 WIB. “Apa saja acara keseniannya?” Dijawab, “Berbeda-beda, tergantung sanggar yang tampil”. Saya mengucapkan terima kasih dan berlalu, berniat nanti malam datang ke lokasi dan langsung menyaksikan pertunjukan. Akan tetapi, malam itu hujan, dan sampai kembali ke Jakarta, saya belum sempat menyaksikan pertunjukan kesenian di gedung itu.

Pertunjukan kesenian Minang sering diadakan pada saat reuni. Tahun 2015, saya reuni SMA, dalam acara gala dinner di Hotel Rocky, ada tari pasambahan dan tari piring, bagus sekali. Kakak yang reuni Mei 2017 di Hotel Pusako mengatakan, ada pertunjukan Randai. Bagus. Kebutuhan untuk menyaksikan kesenian Minang sangat tinggi bagi wisatawa atau bagi perantau, akan tetapi tempat/gedung pertunjukan kesenian Lenggogeni, kurang representatif. Sepupu yang mengelola hotel keberatan membawa tamunya ke gedung tersebut dan berharap pemerintah daerah menyediakan gedung pertunjungan dan program acara yang menarik, sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan datang ke Bukittinggi. Sekali-sekali pertunjukan randai diadakan di jam gadang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Lenggogeni di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>