Foto Pedagang di Pasar Atas Ngarai : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » FOTO » Foto Pedagang di Pasar Atas Ngarai » Foto Pedagang di Pasar Atas Ngarai

Foto Pedagang di Pasar Atas Ngarai

(1145 Views) Juni 20, 2016 12:50 am | Published by | No comment



Pedagang yang berjualan di pasar Atas Ngarai (ateh ngarai) berasal dari nagari di sekitar Bukittinggi, dari Balingka, Sianok, Koto Tuo, dan Jambak. Mereka menggunakan angkutan kota dari nagari tempat mereka berasal, menuju pasar Atas Ngarai.  Pasar atas Ngarai buka dari pukul 6:00 WIB sampai pukul 10:00 WIB pada hari Rabu dan Sabtu.  Pada pukul 6:00 WIB -7:00 WIB, persimpangan atas ngarai macet, karena bersamaan dengan jadual anak-anak pergi sekolah, pegawai berangkat kerja, dan pedagang yang menurunkan dagangan untuk dijual di pasar Atas Ngarai.

Jenis komunitas yang dijual berasal dari kebun/ladang sendiri atau tetangga, sehingga, jenis dan jumlah sayur yang dijual tidak banyak, tetapi segar.  Selain sayur, ada pedagang ikan, ayam, dan makanan kecil (bika dan perkedel jagung yang dimasak di tempat, jadi masih panas).  Mereka meletakkan barang dagangan di atas tanah dengan alas terpal, di depan toko atau rumah yang ada di sepanjang jalan itu.




penjual-sayurpedagang perkedel jagung pasar ateh ngarai.pedagang ayam pasar ateh ngarai.

pasar atas ngarai (pasa ateh ngarai), penjual bumbu basah (bawang putih, bawah merah, kunyit, cabe merah).

Penjual Sayur  di depan barang dagangannya : wortel, terung, cabe, ketimun, kacang panjang, buncis, bayam, dan kangkung. Cabe dijual dengan cara ditimbang, sedangkan kacang panjang dijual dalam ikatan (1 ikat).

 

 

 

 

Penjual perkedel jagung, mengoreng perkedel di tempat, perkedel dijual dalam keadaan panas.

 

 

 

 

 

 

Ayam potong. Pembeli dapat memilih besar/kecil ayam hidup yang ia inginkan, dan meminta penjual untuk memotongnya.

 

 

 

 

 

 

Penjual bumbu. Saat ini, sebagian ibu rumah tangga memilih bumbu yang sudah digiling. Mereka tidak mempunyai waktu untuk menggiling bumbu, di antara jenis bumbu yang sudah digiling antara lain ; bawah merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan cabe merah.

penjual ikan di pasar ateh ngarai.penjual cabe giling di pasar ateh ngarai.

 

 

 

Penjual ikan segar. Ikan mujair dan nila dijual dalam keadaan masih hidup dan segar. Pembeli dapat meminta penjual untuk membersihkan ikan yang sudah dibeli.

 

 

 

 

 

Jasa Pengilingan cabe. Sebagian pembeli tidak membeli cabe siap giling, tapi meminta jasa pengilingan cabe untuk mengiling cabe yang telah dibeli dan dipilih. Pada gambar pembeli dan penjual jasa pengilingan cabe sedang memilih cabe yang segar untuk digiling.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Foto Pedagang di Pasar Atas Ngarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>