Foto Kampung Cina : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FOTO » Foto Kampung Cina » Foto Kampung Cina

Foto Kampung Cina

(1407 Views) Desember 30, 2016 2:11 pm | Published by | No comment



Kampuang Cina terletak di Jl. Teuku Umar dan Jl. A. Yani, mereka mempunyai toko dan rumah di sepanjang jalan. Dulu, masih banyak rumah toko yang terbuat dari kayu terletak di sepanjang Jl. A.Yani. Sekarang sudah direnovasi, sebagian besar dijadikan kantor atau toko. Perlahan-lahan bangunan tua di sepanjang kampung cina, hilang.

lokasi martabak kaka

Rumah toko yang terletak di depan Mesjid Nurul Haq ini, masih asli, hanya fasad depan yang diganti. Salah satu rumah toko, Martabak Kaka yang terletak di bagian tengah (papan nama biru). Bangku dan kursi kayu, serta interior toko, masih seperti dulu. Sebagian rumah toko, tidak ditempati (tidak dijadikan rumah tinggal), hanya pada siang hari digunakan untuk toko.




Kampung Cina, Tiki, di Jl. Teuku Umar

Rumah di Jl. Teuku Umar. Rumah kayu dibongkar dan dijadikan rumah toko. Area ini menjadi area komersil.

 

 

 

Kampung Cina, Jl. Teuku Umar, dari arah Benteng (atas).

Jl. Teuku Umar dari arah Benteng, jalan menurun ke arah perempatan Jl. A. Yani. Pada saat Lebaran, hari Libur dan Sabtu Minggu, jalur ini merupakan jalur alternatif angkutan kota, karena jalan luruih (jalur angkutan kota di depan Hotel The Hill) macet. Angkutan kota diarahkan ke jalur ini.

Rumah yang Didirikan Pada Masa Zaman Belanda

bangunan-serba-guna-warga-cina-di-bukittinggiSalah satu rumah pada Masa Belanda. Bangunan tiga lantai ini terdiri dari beberapa ruang kecil. Dulu, ruang paling sudut dijadikan warung. Saya sering jajan di warung itu. Lebar warung kira-kira 3 meter, panjang 2 meter (tapi tertutup lemari). Bentuk bangunan ini tidak berubah. Dulu berwarna abu-abu tua dan muda, sekarang dicat putih dan merah, lebih terang.

Kampung cina, perempatan Jl. A. Yani, Jl. Lurus dan Jl. Teuku Umar

Rumah serba guna bagi warga Cina yang ada di Bukittinggi. Menurut salah seorang teman, ruang serba guna ini berfungsi sebagai rumah duka, dan tempat pertemuan.  Rumah serba guna ini didirika sejak masa Belanda.

Dulu, gedung STTE ini merupakan gedung Bank Nasional. Selain kantor bank, di gedung ini terdapat percetakan dan kantor properti Inkorba (perumahan yang dikelola oleh Bank Nasional). Bank swasta pertama di Bukittinggi ini, sudah tidak aktif, tutup. Kantor terakhir Bank Nasional di Jakarta.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Foto Kampung Cina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>