Firdaus Local Guide (Pramuwisata) di Taman Panorama : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » firdaus local guide di taman panorama. » Firdaus Local Guide (Pramuwisata) di Taman Panorama

Firdaus Local Guide (Pramuwisata) di Taman Panorama

(495 Views) Juni 1, 2017 6:26 am | Published by | No comment



Saya perlu foto panorama dan gua jepang untuk web jamgadang04.com. Saya menuju loket pembelian karcis untuk masuk ke panorama dan gua jepang. Kira-kira 20 meter sebelum loket, ada anak muda yang mempersilakan/mengarahkan dengan tangan kanannya lokasi tiket yang saya tuju. Di dalam area taman panorama, anak muda itu memberikan saran lokasi foto terbaik, saya hanya tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Sebelum mengambil gambar, saya ingin menikmati pemandangan alam ngarai sianok, bagus, tidak pernah merasa bosan berlama-lama menikmati pemandangan itu. Anak muda itu kembali menghampiri, memberikan informasi jalur jalan jembatan great wall yang terlihat dari taman panorama. Saya penasaran dan bertanya lebih lanjut, karena selama mengelilingi Bukittinggi, baru kali ini saya diikuti.

Ia memperkenalkan diri, “nama saya Firdaus, saya local guide”. mulai menarik. Karena selama ini tidak mengetahui ada local guide di Bukittinggi. Ia menjelaskan bahwa ia pramuwisata terdaftar HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) cabang Bukittinggi. “Hari ini ada pemilihan ketua HPI baru di hotel Dymens (Bukittinggi), sebagian pramuwisata (Local guide) sedang mengikuti acara tersebut,” katanya.




firdaus local guide di taman panorama.firdaus local guide di taman panorama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang pramuwisata lokal untuk artikel di jamgadang04.com. Kami memutuskan duduk di bawah gazebo dengan atap gonjong di taman panorama itu. Ia mengatakan local guide di Bukittinggi hanya dapat ditemukan di Taman Panorama dan di kampuang cino (cafe yang terdapat di area kampung Cina (Jl. Teuku Umar da Jl. A. Yani), di jam gadang atau di Benteng Ford de Kock tidak ada pramuwisata lokal.

Bagaimana wisatawan menemukan pramuwisata lokal? Mereka akan menghampiri wisatawan, seperti Firdaus yang menghampiri saya pada saat masuk pintu taman Panorama. Di Panorama, terdapat 50 pemandu lokal yang terdaftar pada HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), mereka menyebar di seluruh area di panorama, misal di depan (sebelum pintu masuk), duduk di kantin, dan di sekitar taman panorama.

Sejak kecil Firdaus sudah bermain di Panorama, rumah orang tua di dekat Panorama, sehingga mengetahui informasi tentang Panorama, ngarai sianok, dan Gua/Lubang Jepang. Sejak menikah, ia pindah ke rumah keluarga istri di tangah sawah. Ia dan istri suku Kurai, warga asli Bukittinggi, karena kota Bukitinggi merupakan Nagari Kurai.

Selain memberikan info tentang wisata di ngarai sianok dan gua Jepang, Firdaus dapat memberikan info rumah makan, toko (wisata belanja), dan objek wisata baru yang ada di Bukittinggi, misal Taruko dan rumah pohon Abdul. Ia dapat membantu membuat paket perjalanan wisata di Sumatera Barat, misal perjalanan paket 5 hari, 3 hari di Bukittinggi, dan 2 hari di Padang. Firdaus memilih jalur freelance, tidak bergabung dengan travel, dengan alasan sederhana, ingin mandiri.

Saya menanyakan apakah firdau bersedia dipromosikan di web jamgadang04.com, mungkin ada pembaca yang membutuhkan jasanya. Ia bersedia dan memberikan no telepon. Sayang smartphonenya hilang, sehingga ia hanya dapat dihubungi via SMS dan Telepon (call).

Local Guide : Firdaus
No telp : 082170281733



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Firdaus Local Guide (Pramuwisata) di Taman Panorama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>