Elly Kasim Penyanyi Minang dan Wedding Organizer Adat Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » tokoh » Elly Kasim Penyanyi Minang dan Wedding Organizer Adat Minang » Elly Kasim Penyanyi Minang dan Wedding Organizer Adat Minang

Elly Kasim Penyanyi Minang dan Wedding Organizer Adat Minang

(1526 Views) April 11, 2017 3:08 am | Published by | No comment



Saat saya kecil, tahun 80-an, setiap Lebaran, kami sekeluarga selalu pulang kampung ke Balingka. Pada saat itu, terdengar kabar, ada Elly Kasim berkunjung ke rumah keluarga suaminya (orang Balingka). Saya dan saudara sepupu bersama-sama ke rumah itu, ingin melihat sosok penyanyi Minang yang terkenal dari Jakarta. Di rumah itu sudah banyak orang berkumpul, Elly Kasim di dalam rumah, tidak terlihat. Tahun 2000, saya bertemu dan mendengar Elly menyanyi di pesta pernikahan saudara. Wedding Organizer acara tersebut oleh Elly Kasim Collection.

Elly Kasim penyanyi lagu-lagu Minang yang terkenal era tahun 60-70-an dan telah merilis 100 album solo. Ia lahir tanggal 27 September 1944 di Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat. Pada usia 16 tahun ia ke Jakarta untuk melanjutkan sekolah, tapi ia memilih menyanyi. Keputusan itu tidak disetujui orang tua dan menghentikan semua fasilitas, tapi nenek dan paman mendukung karirnya.

Elly Kasim menikah dengan Nazif Basir (mantan wartawan dan salah seorang pendiri harian Singgalang). Nazif menulis buku Biografi : Elly Kasim yang terbit tahun 2014.




Beberapa lagu yang dibawakan Elly antara lain ; Ayam Den Lapeh ini, Japuiklah Denai, Kasiah Tak Sampai,
Tinggalah kampung, Malereang Tabiang, dan Kelok Ampek-Ampek.

Dalam lagu Bapisah Bukannyo Bacarai dan Badindin, Elly berduet dengan Tiar Ramon, penyanyi Minang, kelahiran Padang Pariaman. Lagu badindin dijadikan lagu di acara perkawinan adat Minang dan lagu digunakan sebagai lagu pengiring tari indang.

Selain sebagai penyanyi, Elly Kasim mempunyai Wedding Organizer Adat Minang dengan nama “Elly Kasim Collection”. Wedding Organizer ini telah berdiri sejak tahun 1974, merupakan bisnis keluarga.
Wedding Organizer Adat Minang mengurus dekorasi pelaminan Minang, menyiapkan busana pengantin Minang, hingga mengurus upacara pernikahan Minang di Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia

Tahun 1997 Elly dan suami Nazif Basir menulis buku tentang Tata Cara Perkawinan Adat Istiadat Minangkabau tahun 1997.

Dari berbagai sumber.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Elly Kasim Penyanyi Minang dan Wedding Organizer Adat Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>