Cara Memotret Rumah Gadang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » budaya » Cara Memotret Rumah Gadang » Cara Memotret Rumah Gadang

Cara Memotret Rumah Gadang

(602 Views) Juli 14, 2017 3:20 am | Published by | No comment




Rumah gadang merupakan objek foto yang sangat menarik. Bentuk arsitektur dan ukiran kayu yang penuh warna sangat bagus untuk difoto. Sudut pandang (angle) yang sering dipotret dari arah depan dan samping. Di Sumatera Barat, masih banyak rumah gadang yang masih utuh dan terawat, ada perbedaan antara rumah gadang satu dengan yang lain, yang mudah terlihat perbedaan rumah gadang adalah dari jumlah atap gonjong dan tangga menuju rumah (dari tengah, dari samping, atau dari arah kanan dan kiri).




Dari depan
Memotret rumah gadang dari depan merupakan sudut foto (angle) yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Simetris bagian kanan dan kiri pada frame foto. Bentuk rumah gadang terlihat secara utuh. Ujung atap gonjong tidak terpotong.

Tipe rumah gadang terlihat dari tampak depan. Berapa gonjong (atap) rumah gadang ? Posisi letak tangga (pintu masuk) terletak di tengah atau di samping. Apakah ada anjuang yang terdapat di kiri kanan bangunan (sebagian rumah gadang tidak mempunyai anjuang).

museum rumah gadang baanjuang di kebun binatang bukittinggi.

Dari samping
Posisi memotret rumah gadang dari samping harus dicari untuk menentukan sudut foto terbaik. Jika tidak ada pohon atau bangunan lain di sekitar rumah gadang, fotographer sangat mudah mencari posisi terbaik, misal di Istano baso Pagaruyuang. Tapi jika ada bangunan yang menghalangi atau lokasi yang tidak memungkinkan (area di sekitar rumah gadang terbatas), perlu kesabaran mencari sudut foto terbaik.

Kendala
Selama memotret rumah gadang di berbagai lokasi saya mendapatkan beberapa kendala antara lain ;

(1) banyak pengunjung yang ingin berfoto di depan rumah gadang (pada sudut (angle) foto yang paling bagus, misal di depan Istano Basa Pagaruyuang, banyak ibu-ibu yang memakai baju adat Minang minta di foto di depan rumah gadang. Mereka sudah membayar sewa baju dan ingin difoto di depan istano, sehingga pengunjung lain harus mengalah.

(2). lokasi untuk memotret rumah gadang sempit, sehingga di dalam frame foto, sebagian ujung atap bagonjong terpotong, misal pada saat memotret rumah gadang Baanjuang di Kebun Binatang Bukittinggi. Saya sudah mencari titik terbaik, agar dapat memotret rumah gadang secara utuh, tapi tertutup bangunan/pohon.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Cara Memotret Rumah Gadang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>