Cara Membuat Ampiang Dadiah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Resep » Cara Membuat Ampiang Dadiah » Cara Membuat Ampiang Dadiah

Cara Membuat Ampiang Dadiah

(2146 Views) Maret 3, 2018 11:55 pm | Published by | No comment


Ampiang dadiah adalah makanan ringan yang dapat ditemukan di lapau yang ada di Bukittinggi dan di Padang. Ampiang dadiah dimakan di sore hari, sebagai cemilan. Ampiang dadiah terdiri dari ampiang, dadiah, dan gula merah (gula lawang).

Ampiang adalah beras ketan, baik beras ketan warna putih, merah dan hitam yang sudah mengalami proses pemipihan dan digoreng tanpa minyak. Proses dari beras ketan menjadi ampiang dengan cara : ketan direbus, dikering, dan dipipihkan. Setelah dipipihkan, ampiang digoreng tanpa minyak dengan cara diaduk terus menerus, agar matang merata dan tidak gosong.

Ampiang dijual di pasar bawah Bukittinggi. Penjual ampiang juga menjual beras, dan tepung beras. Ampiang dijual dengan mengunakan literan beras, dapat dibeli setengah atau satu liter. Ampiang hanya dimakan dengan dadiah dan gula merah.




Bahan

2 sendok makan ampiang putih, atau merah, atau hitam. (sesuai selera).
2 sendok makan Dadiah.
Gula merah cair secukupnya.

Cara membuat

1. Ampiang direndam dengan air bersih sampai lunak (jangan terlalu lama, agar tidak terlalu lembek). Sebagian ada yang tidak direndam, cukup disiram dengan air hangat, agar tidak terlalu keras dan kaku.
2. Tambahkan dadiah dan gula merah.
3. Siap disajikan.

Cara makan

Campur semua bahan ; ampiang, dadiah, dan gula merah cair.

Catatan

1. Gunakan gula merah lawang (atau yang disebut dengan gulo anau) dan cairkan dengan menambahkan sedikit air.
2. Dadiah harus baru dan masih segar. Tanda dadiah masih segar, jika bagian atas dadiah masih putih dan segar. Jika ada lapisan kuning muda dan keras, itu menandakan dadiah tidak segar dan sudah disimpan beberapa hari.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Cara Membuat Ampiang Dadiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>