Bus ANS dari Padang ke Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Transportasi » Bus ANS » Bus ANS dari Padang ke Bukittinggi

Bus ANS dari Padang ke Bukittinggi

(1061 Views) Februari 13, 2016 3:08 am | Published by | No comment



Saat ini, bagi penumpang yang bepergian dari Padang-Bukittinggi atau sebaliknya, menggunakan kendaraan kecil (elf) yang memuat 9 orang penumpang. Selain jenis kendaraan elf, ada yang menggunakan kendaraan pribadi seperti Xenia dengan 7 orang penumpang. Kendaraan kecil dan kendaraan pribadi itu disebut “travel”, yang menunjukkan kendaraan yang mengantar penumpang dari Padang-Bukittinggi atau sebaliknya, atau dari Bukittinggi ke Bandara Internasional Minangkabau atau sebaliknya.
Penumpang mendatangi kantor travel atau penumpang diantar/dijemput ke rumah. Tidak ada lagi bus yang membawa penumpang dari Bukittinggi-Padang, seperti tahun 80-an.

Tahun 80-an, bus yang terkenal bus ANS. Bus ini membawa penumpang dari Bukittinggi-Padang atau sebaliknya. Penumpang dari Bukittinggi dan sekitarnya naik/turun di Jambu Air (terletak di perbatasan kota Bukittinggi) dan melanjutkan dengan angkutan kota. Sedangkan dengan travel, penumpang dijemput/diantar sampai ke rumah (dalam jarak tertentu). Bus ANS tidak pakai AC. Tidak ada bus yang menggunakan AC pada saat itu. Bus ANS satu-satunya pilihan kendaraan dari Bukittinggi ke Padang.




Paling pagi, bus berangkat pukul 6:00 WIB dari Bukittinggi. Jarak Bukittinggi-Padang hanya 2 jam, sehingga bagi penumpang yang bekerja atau kuliah di Padang, tidak akan terlambat sampai di tempat kegiatan masing-masing. Bus yang berangkat pagi hari tidak menunggu penumpang penuh. Mereka akan segera berangkat sesuai waktu yang telah ditentukan karena banyak penumpang yang harus ke kantor.

Jika siang, pengemudi bus ANS menunggu penumpang sampai bus terisi penuh, setelah itu, bus berangkat. Waktu tunggu bisa 1-2 jam, karena harus menunggu penumpang sampai penuh. Selama perjalanan dari Bukittinggi-Padang, pengemudi menaikkan/menurunkan menumpang yang menunggu di sepanjang jalan, penumpang banyak naik/turun di kota Padang Panjang.

Di sepanjang jalan Bukittinggi-Padang, bus berhenti sebentar di Sicincin (terminal Sicincin). Pengemudi memberi kesempatan pada penumpang untuk jajan, kira-kira 15 menit. Penjual di Sicincin berlarian menyambut bus yang datang. Mereka menjajakan telur rebus, pisang rebus, manggis muda, kerupuk balado dari luar jendela bus. Sebagian penjual dapat masuk ke dalam bus untuk menjajakan dagangannya. Penumpang naik-turun sepanjang perjalanan menuju perhentian akhir bus.

Dulu, bandara udara Padang, Tabing, dilalui oleh bus ANS Padang-Bukittinggi, sehingga penumpang yang menuju Bukittinggi cukup berjalan kaki ke luar bandara. Sejak pindah ke Bandara International Minangkabau, penumpang dari Bukittinggi menggunakan travel.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bus ANS dari Padang ke Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>