Bujang jo Gadih Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » budaya » Bujang jo Gadih Bukittinggi » Bujang jo Gadih Bukittinggi

Bujang jo Gadih Bukittinggi

(999 Views) Agustus 7, 2015 9:01 pm | Published by | No comment



Saat pulang lebaran tahun 2014, saya melihat poster Bujang jo Gading Bukittinggi. Wah, seperti Abang dan None Jakarta. Saya baca poster itu. Peserta berusia antara 17-27 tahun dan belum menikah. Berpenampilan menarik, tinggi badan minimal 165 Cm (laki-lak) dan 160 cm (perempuan), berwawasan luas, cerdas, berkepribadian, mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Aktif serta memiliki keahlian/bakat khusus pada suatu bidang seperti musik, tari, menyanyi, kepemimpinan, bahasa dan lainnya. Jadwal pendaftaran peserta bulan Mei di Kantor Parsenibud Kota Bukittinggi Jalan Perwira No. 54 Belakang Balok Bukittinggi. Materi tes terdiri dari pariwisata dan kebudayaan, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Pancasila, dan pengetahuan umum lainnya.

Seperti daerah lain di Indonesia, yang menghadirkan duta wisata berupa pasangan muda mudi dan memberi nama sesuai dengan nama daerah masing-masing, Abang dan None (Jakarta), Mas dan Mbak (Jawa Tengah), Jajaka dan Moyang (Bandung). Pemerintah Bukittinggi mengelar acara Pemilihan Duta Wisata “Bujang Jo Gadih” (Bujang dan Gadis), untuk meningkatkan promosi Bukittinggi di bidang pariwisata, Pemilihan ini dilakukan secara rutin, tiap tahun oleh Kantor Pariwisata Seni dan Budaya, pemerintah Kota Bukittinggi.




Pemilihan Bujang Jo Gadih Kota Bukittinggi itu terdiri atas kategori, Bujang Jo Gadih Bukittingi, Wakil I Bujang Jo Gadih Bukittinggi, Wakil II Bujang Jo Gadih Bukittinggi, Duta Wisata Favorit, Duta Wisata Berbusana Terbaik, Duta Wisata Berkepribadian dan Duta Wisata Intelegensia. Setiap pemenang, diberikan hadiah berupa trophy, piagam dan bingkisan. Peserta Bujang Jo Gadih yang terpilih akan mewakili Bukittinggi untuk duta wisata Uda dan Uni Sumatera Barat, bersaing dengan pasangan duta wisata kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

finalis bujang jo gadih 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto : Finalis Bujang jo Gadih 2017

Dari web resmi pemerintah kota Bukittinggi yang memublikasikan kegiatan Bujang jo Gadih. Peserta memakai baju warna merah, gadih menggunakan songket dan selendang Koto Gadang. Pada malam penganugerahan itu, hadir duta wisata dari kabupaten/kota lain, mereka mengenakan baju khas daerahnya masing-masing. Tentu saja, Walikota dan pejabat dari Dinas Pariwisata hadir dan memberikan penghargaan bagi pemenang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bujang jo Gadih Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>