Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » arsitektur » Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka » Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka

Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka

(562 Views) Maret 26, 2018 12:16 am | Published by | No comment


Saya berasal dari Nagari Balingka, jorong Pahambatan. Nagari Balingka mempunyai tiga jorong dan jorong pahambatan terletak di lereng bukit, sedangkan jorong Koto Hilalang terletak pada lereng bukit yang lebih landai. Rumah keluarga besar kami di pinggir jalan dan di depannya terdapat jurang dan sawah. Semakin ke atas, semakin banyak rumah.

Pola rumah di jorong pahambatan membentuk linier (garis lurus) menghadap jalan. Di belakang rumah kami terdapat deretan rumah yang letaknya lebih tinggi, yang berhadap-hadapan satu dengan yang lain yang di batasi jalan. Jalur jalan hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, karena bentuk jalan yang bergelombang dan sempit.

Dimana letak sawah dan ladang? Sawah terletak di pinggir jurang atau di pinggir jalan. Area yang lebih rendah dan agak landai. Sedangkan kebun dan ladang terletak jauh di dalam hutan, jauh dari pemukiman, kira-kira membutuhkan waktu 30 menit dengan kendaraan roda dua. Pemukiman hanya terletak di area perbukitan.




balingka-rumah batu

Berbeda dengan pola pembentukan pemukiman di Nagari Koto Gadang. Topografi nagari ini relative datar, sehingga pola pemukimannya membentuk cluster. Pada setiap jalur jalan terdapat sekelompok rumah, misal 8-10 rumah. Letak sawah dan ladng tidak jauh dari area pemukiman, kira-kira 10-20 menit berjalan kaki.
Terdapat mesjid utama yang digunakan untuk salat Jumat dan salat hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) di perempatan jalan (di depan pemukiman), tapi di dekat kelompok rumah terdapat surau kecil tempat Salat 5 waktu.

koto gadang di depan amai setia.

Perbedaan Pola pemukiman Nagari Balingka dan Nagari Koto Gadang terbentuk karena perbedaan topografi. Nagari balingka (jorong Pahambatan, berbukit terjal,area ini yang digunakan untuk area pemukiman, sedangkan area yang relative datar digunakan untuk sawah dan ladang). Sedangkan Nagari Koto Gadang, relative datar, sehingga pola pemukimannya membentuk cluster.

Dalam adat Minang, ada beberapa hal untuk menentukan tanah untuk pemukiman atau untuk sawah. Tanah yang keras digunakan untuk pemukiman, sedangkan tanah yang lunak digunakan untuk sawah dan kolam ikan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>