Beda Gulai Daun Singkong Padang dan Gulai Daun Singkong Medan : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Beda Gulai Daun Singkong Padang dan Gulai Daun Singkong Medan » Beda Gulai Daun Singkong Padang dan Gulai Daun Singkong Medan

Beda Gulai Daun Singkong Padang dan Gulai Daun Singkong Medan

(2190 Views) Februari 25, 2017 1:26 pm | Published by | No comment




Saya pertama kali menemukan gulai daun singkong di restoran Padang, di Jakarta. Di restoran di Bukittinggi, tidak ada menu gulai daun singkong. Restoran di Bukittinggi menyediakan rebus daun singkong yang dimakan dengan cabe hijau. Di restoran Family Benteng di Bukittinggi, rebus daun singkong digunakan sebagai pelengkap menu ayam pop, yang dimakan dengan cabe merah. Orang Minang menyebut daun singkong dengan sebutan pucuak ubi (pucuk daun tanaman ubi singkong-daun yang paling atas-muda-).

Gulai daun singkong antara satu restoran/rumah makan Padang satu, dengan yang lain di Jakarta ternyata berbeda. Setiap rumah makan mempunyai kreativitas sendiri-sendiri mengolah gulai daun singkong, walau sekilas terlihat sama. Di restoran Padang di Rawamangun, gulai daun singkong dicampur dengan teri Medan, di restoran Sederhana di daerah Tanah Abang, terdapat potongan jengkol di dalam gulai daun singkong. Gulai daun singkong dengan campuran gulai (bahan tambahan-pelengkap) yang berbeda-beda.




gulai daun singkong khas Minang.

Gulai daun singkong Medan berbeda dengan gulai daun singkong Padang. Gulai daun singkong Medan, orang Medan menyebut Gulai daun ubi tumbuk. Tekstur daun singkong berbeda, karena daun singkong ditumbuk, maka daun dan kuah gulai menyatu, berbeda dengan tekstur gulai daun singkong Padang, daun singkong dapat dipisahkan dari kuahnya. Selain itu, kuah gulai Padang, santannya lebih kental, sedangkan kuah gulai daun ubi tumbuk lebih encer.

Menurut teman yang berasal dari Medan, cara membuat gulai daun ubi tumbuk hampir sama dengan pembuatan gulai yang lain. Daun singkong yang masih segar ditumbuk secara cepat, sebelum daun singkong dimasukkan ke dalam santan yang sudah mendidih dan diberi bumbu. Tidak semua orang dapat menumbuk daun singkong secara cepat dengan hasil yang memuaskan, daun ditumbuk rata dan tidak terlalu hancur. Agar rasa gulai menjadi lebih gurih, tambahkan ikan. Salah satu bahan yang digunakan untuk gulai daun ubi tumbuk adalah honje/kecombrang. Masakan Minang tidak ada yang menggunakan honje/kecombrang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Beda Gulai Daun Singkong Padang dan Gulai Daun Singkong Medan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>